28.5 C
Mataram
Selasa, 27 Februari 2024
BerandaLombok TimurPemkab Lotim Anggarkan Rp3 Miliar untuk Renovasi Kolam Renang GOR Lalu Muslihin

Pemkab Lotim Anggarkan Rp3 Miliar untuk Renovasi Kolam Renang GOR Lalu Muslihin

Lombok Timur (Inside Lombok) – Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur (Lotim) berkomitmen merenovasi venue kolam renang yang ada di kawasan Gelanggang Olahraga (GOR) Lalu Muslihin Selong. Hal itu dilakukan untuk mencari dan membina calon atlet, serta sebagai tempat latihan untuk masyarakat pecinta olahraga dan yang bercita-cita menjadi abdi negara.

Kolam renang yang ada di kawasan GOR Lalu Muslihin Selong telah lama tak beroperasi lantaran mengalami kerusakan. Sampai saat ini tempat tersebut terbengkalai tanpa perawatan. Untuk itu Pemda Lotim akan segera merenovasi tempat tersebut dan telah menganggarkan Rp3 miliar dari APBD 2024.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Lotim, M. Juaini Taofik mengatakan telah menuangkan anggaran renovasi kolam renang tersebut ke dalam APBD 2024 dan telah disetujui oleh DPRD Lombok Timur. Rencananya fasilitas olahraga tersebut nantinya dapat digunakan untuk latihan para atlet maupun masyarakat umum untuk berlatih renang.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lotim, Asrul Sani menyebut pihaknya menyambut baik hak tersebut. Terutama agar fasilitas itu nantinya dapat digunakan untuk mencari dan membina bibit atlet renang yang ada di Lotim.

- Advertisement -

“Para atlet biasanya berlatih di kolam renang Jobong maupun ke Mataram. Alhamdulillah rencana renovasi kolam renang GOR bertaraf nasional itu nantinya dapat dimanfaatkan untuk mencari bibit atlet,” katanya, Rabu (06/12/2023).

Asrul sendiri mengaku senang dengan renovasi yang akan bertaraf nasional dengan anggaran sekitar Rp3 miliar tersebut. Pasalnya, fasilitas itu nantinya bisa digunakan untuk kemajuan cabang olahraga renang di Lotim dan dapat menuai prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

“Ini menjadi kabar baik untuk para atlet dan menjadi langkah pembinaan. Nantinya kolam renang itu juga selain menjadi fasilitas olahraga juga dapat sebagai tempat rekreasi masyarakat,” terangnya.

Dikatakannya, pada Porprov 2023 lalu atlet renang Lotim mampu menuai prestasi yang cukup baik, sehingga dengan adanya kolam renang berstandar nasional dapat lebih membuat atlet termotivasi dan mendongkrak prestasinya. Terlebih pada Porprov NTB 2023 lalu prestasi atlet renang Lotim terbilang cukup bagus.

Karena itu dengan adanya perbaikan ini diharapkan bisa meningkatkan prestasi para atlet renang asal Lotim dan bisa menjaring atlet renang yang berbakat. “Atlet renang kita kemarin pada Porprov NTB banyak mendapatkan medali, ada yang dapat medali emas dan medali perak. Intinya dengan adanya renovasi ini maka atlet-atlet kita bisa berlatih di kolam yang betul-betul standar,” ungkapnya.

Anggaran sekitar Rp3 miliar itu sendiri, kata Asrul, tak semuanya untuk renovasi kolam renang. Melainkan hanya Rp2,4 miliar saja, sementara sisanya Rp600 juta akan digunakan untuk merenovasi yang lainnya seperti Sport Hall senilai Rp400 juta, dan gedung pemuda sekitar Rp200 juta. (den)

- Advertisement -

Berita Populer