26.5 C
Mataram
Sabtu, 13 April 2024
BerandaMataramDeteksi Dini Kondisi Pejabat, RSUD Kota Mataram Gelar Pemeriksaan Kesehatan

Deteksi Dini Kondisi Pejabat, RSUD Kota Mataram Gelar Pemeriksaan Kesehatan

Mataram (Inside Lombok) – RSUD Kota Mataram menggelar pemeriksaan kesehatan untuk kepala daerah dan semua OPD lingkup Kota Mataram. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesehatan para pejabat termasuk pimpinan daerah.

Direktur RSUD Kota Mataram, dr. Ni Ketut Eka Nurhayati mengatakan pemeriksaan yang dilakukan seperti cek laboratorium, mata, jantung dan beberapa lainnya. Pemeriksaan kepada pimpinan dan kepala OPD ini cukup penting karena memiliki tanggung jawab. “Ini baru pertama kali dilakukan RSUD Kota Mataram,” katanya Senin (19/2) siang.

Pada pemeriksaan kesehatan ini, RSUD Kota Mataram melibatkan beberapa dokter spesialis seperti dokter spesialis mata dan jantung. Keberadaan dokter spesialis tersebut agar bisa konsultasi langsung dengan kondisi yang dirasakan. “Bisa konsultasi langsung dan pemeriksaan nanti disana,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan sebagian tidak bisa menerima langsung dan harus menunggu. Jika ada keluhan yang mengkhawatirkan maka akan ada pemeriksaan lebih lanjut. “Hasil secara keseluruhan dan apa tindak lanjutnya kita akan surati masing-masing,” kata dr. Eka.

- Advertisement -

Untuk kasus hipertensi, dr. Eka mengaku belum bisa menyimpulkan keluhan yang banyak dirasakan oleh para pejabat Pemkot Mataram. “Ada beberapa yang darah tinggi itu dipengaruhi usia juga sih,” tegasnya.

Ia mengatakan, pada pemeriksaan kali ini khusus ditambahkan pemeriksaan mata. Hal ini dilakukan untuk deteksi dini. “Pak Sekda meminta pemeriksaan mata. Kan kita jarang pemeriksaan mata. Beliau yang meminta mencegah glaukoma,” katanya.

Pemeriksaan dini ini dilakukan karena tanpa disadari glaukoma muncul. Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh usia. “Tanpa disadari ada glaukoma-nya dan sudah parah baru ketahuan seperti itu,” katanya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer