26.5 C
Mataram
Senin, 15 Juli 2024
BerandaMataramJemaah Haji Asal Kota Mataram Pulang Hari Ini

Jemaah Haji Asal Kota Mataram Pulang Hari Ini

Mataram (Inside Lombok) – Jemaah Haji kelompok terbang (kloter) I Embarkasi Lombok, akan kembali ke Tanah Air Sabtu (22/6) besok. Dijadwalkan ratusan jemaah asal Kota Mataram tersebut akan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid pukul 23.45 Wita.

Kepala Seksi Pelaksana Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kota Mataram H Kasmi mengatakan kloter I Kota Mataram merupakan kloter utuh dengan jumlah jemaah sebanyak 398 orang. Hingga kepulangan, ratusan jemaah tersebut dalam kondisi sehat. “Alhamdulillah, kondisi jemaah semua saat ini dalam keadaan sehat walafiat, termasuk 286 orang pada Kloter 7,” katanya.

Untuk penjemputan jemaah haji oleh pihak keluarga, H. Kasmi mengatakan sudah membagikan stiker seperti tahun-tahun sebelumnya kepada pihak keluarga. Dimana, nantinya, para jemaah akan langsung menuju Asrama Haji untuk pengurusan proses administrasi. “Termasuk pembagian air zam-zam, koper, dan lainnya, sebelum dijemput pihak keluarga,” katanya.

Diterangkannya, Kemenag Kota Mataram tidak lagi mengadakan kegiatan seremonial pemulangan. Namun akan ada doa bersama sebelum jemaah keluar dari asrama haji. Namun terkait stiker yang dibagikan menjadi tanda pengenal bagi penjemput jemaah. “Kemenag sudah membagikan stiker penjemputan kepada keluarga jemaah. Ditempel di kendaraan penjemput, sehingga proses penjemputan jemaah berjalan tertib,” terangnya.

- Advertisement -

Sementara jemaah asal Kota Mataram lainnya yang masih berada di Tanah Suci saat ini tetap melakukan ziarah hingga menunggu jadwal kepulangan. Dimana, jumlah jemaah yang masih berada di Tanah Suci saat ini yaitu sebanyak 286 orang.

jemaah haji asal Kota Mataram pada Kloter 7 yang bergabung dengan jemaah dari Kabupaten Lombok Barat dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok pada Senin 1 Juli 2024 sekitar pukul 5.00 Wita. Data Kemenag Kota Mataram mencatat jemaah haji Kota Mataram tahun 2024 sebanyak 669 orang dan ditambah 10 petugas sehingga menjadi 679 orang. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer