27.5 C
Mataram
Minggu, 14 Juli 2024
BerandaMataramPPDB Kota Mataram, Pendistribusian Siswa Baru Dipastikan Merata

PPDB Kota Mataram, Pendistribusian Siswa Baru Dipastikan Merata

Mataram (Inside Lombok) – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram mulai mempersiapkan petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis (juklak juknis) penerimaan peserta didik baru (PPDB). Semua sekolah di Kota Mataram tingkat SD-SMP dipastikan tidak ada yang kekurangan murid.

Kepala Disdik Kota Mataram, Yusuf mengatakan dari juklak dan juknis sudah diatur tentang pelaksanan PPDB. Meski demikian, pihaknya juga meminta kepada aparat penegak hukum dan Ombudsman untuk mengawal pelaksanaan PPDB di Kota Mataram. “Kita mohon dikawal ya penerimaan PPDB ini,” katanya.

Berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan PPDB mulai tanggal 24 – 26 Juni untuk jalur afirmasi dan perpindahan. Untuk jalur zonasi yaitu selama tiga hari mulai tanggal 1-3 Juli. “Regulasi kita sudah keluarkan melalui Juknis itu,” katanya.

Yusuf mengingatkan kepada semua orang tua dan calon peserta didik bahwa tidak ada sekolah favorit. Karena sekolah yang ada di masing-masing zonasi juga banyak yang memiliki prestasi. “Kita sudah mulai mengikisnya dengan zonasi. Karena di luar zonasi anak-anak sudah ada prestasi,” tegasnya.

- Advertisement -

Disisi lain, sekolah diingatkan untuk melaporkan jika jumlah siswa yang sudah diterima sesuai dengan ketentuan. Jika masih ada kelebihan siswa maka Dinas Pendidikan Kota Mataram akan melakukan pendistribusian siswa ke sekolah yang lain. Hal ini dilakukan agar tidak sekolah yang kekurangan murid. “Nanti kita sesuaikan dengan zonanya. Si A rumahnya dimana nanti kita sesuaikan,” ujarnya.

Seperti tahun sebelumnya masih ada sekolah yang kekurangan murid. Bahkan dalam satu sekolah peserta didik baru yang mendaftar hanya empat orang. Kondisi tersebut terjadi karena tidak ada anak yang usia sekolah di zonasi tersebut. “Kita pastikan tidak ada sekolah yang kekurangan murid. Nanti tugas dinas untuk mendistribusikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, Nyayuk Ernawati mengingatkan kepada dinas terkait dan semua sekolah untuk mematuhi aturan PPDB. Hal ini untuk mengantisipasi adanya persoalan selama proses berlangsung. “Sudah ada beberapa kriteria dalam penerimaan ini. Kalau insya allah kalau dijalankan dengan sebaik-baiknya tidak ada masalah lagi,” tegasnya.

DPRD Kota Mataram sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Mataram untuk memastikan pelaksanaan PPDB bisa berjalan lancar. “Kita sudah koordinasi masalah ini,” ujarnya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer