Siap-siap, Tahun 2021 Mandalika Akan Dijadikan Sirkuit Balap MotoGP

Ilustrasi

Mataram (Inside Lombok) – Belum lama ini, CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeletadan melakukan perjalanan ke Pulau Lombok dan mengunjungi daerah Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah. Kunjungannya langsung disambut oleh Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer.

Rencananya, Mandalika akan dijadikan lokasi untuk penyelenggaraan MotoGP tahun 2021 mendatang.

“Dalam kunjungan ini, Ezpeleta ingin mengunjungi Bali dan Lombok, kami kemudian mengajaknya ke Mandalika dan memperlihatkan potensi konsep untuk menjadi tuan rumah dalam Motorbike Race Events (MotoGP) mendatang,” ujar Abdulbar M. Mansoer, Presiden Direktur dan CEO ITDC, dilansir dari laman MotoGP, Selasa (06/11/2018).

CEO Donna Sport saat meninjau KEK Mandalika didampingi oleh ITDC. (Inside Lombok/ISTIMEWA)

Kabarnya pada akhir 2018 ini komplek sirkuit balap akan dibangun dengan luas 131 hektar dari total keseluruhan KEK Mandalika 1175 Hektar. Diperkirakan investasi dapat mencapai sebesar 1 Miliar Dolar Amerika atau sekitar Rp 14,5 Triliun.

ITDC akan bekerja sama dengan perusahaan asal Prancis yaitu Vinci Constructiin Granda Projects (VCGP) dalam melaksanakan proyek pembangunan sirkuit jalan raya yang berlokasi di Mandalika tersebut.

VCGP merupakan perusahaan dalam bidang desain, pembangunan, pembayaran, beberapa operasional proyek infrastruktur dan fasilitas besar dari seluruh dunia.

Ezpeleta menjelaskan, hingga tahun 2021, akan dipastikan untuk tidak akan menggelar lebih dari 20 balapan MotoGP dalam satu musim, kemudian akan dipantau perkembangannya. Ia juga mengaku banyak permintaan sirkuit dari beberapa negara seperti Finlandia dan Meksiko,agar dapat menggelar event ini

Kedatangan Ezpeleta ini terbilang cukup singkat, namun Mansoer yakin Ezpeleta dapat menikmati waktu luangnya di sini. Bagi Mansoer, tentu pihak ITDC akan dengan senang hati untuk menerima kunjungan Ezpelata kembali ke Bali dan Lombok di waktu yang akan datang. (IL4)