26.5 C
Mataram
Selasa, 28 Mei 2024
BerandaPrakiraan CuacaWaspada Potensi Hujan Lebat di Hari Lebaran

Waspada Potensi Hujan Lebat di Hari Lebaran

Mataram (Inside Lombok) – Mendekati lebaran, kondisi cuaca di NTB masih didominasi berawan dengan potensi hujan lebat terhitung mulai 8 April ini hingga 14 April mendatang. Karenanya, Hari Raya Idulfitri tahun ini yang diperkirakan jatuh pada 10 April mendatang kemungkinan akan basah.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Nur Siti Zulaichah menerangkan dalam keterangan tertulisnya kondisi cuaca NTB tujuh hari ke depan didominasi berawan dengan potensi hujan lebat. Antara lain pada 8-10 April hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Kota Bima, dan Bima.

“Suhu udara berkisar 24-33 derajat celcius. Angin permukaan umumnya bertiup dari arah barat daya – utara, dengan kecepatan angin maksimum mencapai 37 kilometer per jam,” ujar Nur.

Kondisi serupa masih akan terjadi pada 11 – 14 April, tapi dengan potensi penurunan suhu udara serta perubahan arah dan peningkatan kecepatan angin. “Suhu udara (di 11-14 April) berkisar 23-33 derajat celcius. Angin permukaan bertiup dengan variasi arah dominan dari barat laut – timur, dengan kecepatan angin maksimum 40 kilometer per jam,” ungkapnya. (r)

- Advertisement -

Berita Populer