26.5 C
Mataram
Minggu, 25 Februari 2024
BerandaRagamUniknya Dusun Ganjar di Lembar, Punya Nama Sama dengan Capres

Uniknya Dusun Ganjar di Lembar, Punya Nama Sama dengan Capres

Mataram (Inside Lombok) – Sebuah dusun di Desa Mareje, Kecamatan Lembar, Lombok Barat jadi punya kesan unik jelang pemilu 2024 ini. Pasalnya, dusun itu bernama Ganjar, persis seperti nama mantan Gubernur Jawa Tengah yang saat ini menjadi calon presiden, Ganjar Pranowo.

Dusun Ganjar rupanya sudah ada sejak ratusan tahun silam. Meski memiliki nama yang sama dengan salah satu capres, penduduk setempat meyakini nama dusun mereka memiliki makna gotong-royong atau saling membantu.

“Di sini biasa diartikan sebagai banjar, saling bantu. Mungkin itu asal katanya, banjar jadi ganjar,” jelas Kepala Lembaga Adat Umat Budha Dusun Ganjar, Nurasih Napano, Sabtu (25/11/2023) seperti dikutip dari lombok.tribunnews.com.

Karena letaknya di pegunungan, untuk sampai ke Dusun Ganjar harus melalui jalan berkelok yang menurun dan menanjak. Sebagaian besar warga bekerja sebagai peternakan atau petani.

- Advertisement -

Warga setempat pun mengaku belum pernah dikunjungi Ganjar Pranowo yang saat ini menjadi capres dalam kontestasi pemilu 2024. Namun, warga berharap bisa didatangi Ganjar suatu saat nanti, terlebih warga setempat telah diberikan bantuan berupa sumur bor oleh Relawan Teman Ganjar (Tegar) NTB.

Bantuan itu diberikan langsung oleh Ganjar Pranowo, di mana pengerjaannya dilakukan bersama-sama para relawan. Sumur bor itu diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat, baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun kegiatan adat yang sering diadakan di dusun tersebut.

Masyarakat pun mengapresiasi penyaluran bantuan itu. Terlebih bantuan berupa sumur bor sangat dibutuhkan, lantaran warga Dusun Ganjar yang berada di pengunungan selama ini kesulitan mendapat air bersih, terutama saat kemarau.

Karena itu, penyaluran bantuan berupa sumur bor di kemarau panjang seperti tahun ini diakui sangat membantu. “Bantuan tersebut dari Pak Ganjar langsung, semoga bermanfaat untuk masyarakat di sini,” ujar I Wayan Santiasa selaku koordinator Relawan Tegar NTB. (r)

- Advertisement -

Berita Populer