93 Kendaraan Logistik Melintas di Pelabuhan Lembar dalam Dua Hari

Lombok Barat (Inside Lombok) – Kendaraan logistik masih diperbolehkan melintasi Pelabuhan Lembar. Setelah Dua hari, ada sekitar 93 truk logistik yang masuk melalui Pelabuhan Lembar. Lalu lintas kendaraan logistik itu dilayani oleh 15 kapal yang beroperasi selama masa pelarangan mudik ini.

“Kendaraan logistiknya yang sudah bergerak itu sebanyak 93 unit dari kemarin sampai pagi tadi,” ungkap ungkap Manajer Usaha PT. ASDP Lembar, Samiun Akbar, saat ditemui usai mendampingi Bupati melakukan peninjuan di pelabuhan, Jum’at (07/05/2021).

“Yang beroperasi kemarin itu 15 kapal, jika dibanding tahun lalu itu kita ada 22 kapal yang beroperasi” tuturnya.

Sehingga, kata dia, ada penurunan sebesar 32 persen kapal yang beroperasi. Begitupun dengan trip yang dilayani pada tahun lalu itu berjumlah 32 trip, di mana 16 yang datang dari luar dan 16 yang dari Lembar menuju ke luar. Namun, pada tahun ini, tripnya justru hanya berjumlah 24. Atau mengalami penurunan sekitar 25 persen menjelang Lebaran ini.

“Ini dipengaruhi karena adanya larangan mudik, trus yang kedua karena adanya lintasan pilihan yang juga sudah beroperasi” bebernya.

Sementara untuk angka penumpang, pada masa mudik tahun ini terdapat penurunan sebesar 93 persen. Di mana tahun lalu ada sekitar 790 penumpang, tetapi tahun ini sebelum dilakukan penutupan beberapa hari lalu hanya ada 484 penumpang.

“Kalau tahun lalu penumpang pejalan kaki itu ada 52, tapi tahun ini ada 51 hampir berimbang” imbuhnya.