Angkasa Pura I Lombok Rutin Semprot Disinfektan di Areal Bandara

Petugas gabungan menyemprotkan cairan disinfektan pada tumpukan keranjang dorong di areal bagasi barang penumpang Bandara Internasional Lombok, NTB, Selasa (17/3/2020). (Inside Lombok/ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (Inside Lombok) – Petugas PT Angkasa Pura I Cabang Lombok rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kawasan Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat.

General Manager Bandara Internasional Lombok Nugroho Jati yang ditemui di Kabupaten Lombok Tengah, Selasa, mengatakan, penyemprotan yang digelar secara rutin ini menjadi bagian dari upaya pencegahan virus corona atau COVID-19.

“Jadi, pembersihan dengan disinfektan ini kita lakukan bekerja sama dengan kantor kesehatan pelabuhan, polda dan seluruh pihak terkait,” kata Nugroho Jati.

Pembersihan dengan cairan disinfektan, jelasnya, akan digelar secara rutin. Penyemprotan akan dilakukan sepanjang Pemprov NTB menetapkan status siaga darurat bencana non-alam COVID-19.

“Jadi kegiatannya rutin, tiga sampai tujuh hari, tapi itu tergantung dari kapan masa ini (status siaga darurat bencana non alam COVID-19) dinyatakan selesai,” ujarnya.

Selain melakukan penyemprotan, pihak angkasa pura juga melakukan pengecekan suhu tubuh para pengunjung, utamanya yang baru tiba di bandara.

“Segala cara untuk identifikasi gejalanya, kita lakukan, thermo gun dan juga thermo scanner, juga kita gunakan,” ucapnya.

Dari pantauan ANTARA di areal Bandara Internasional Lombok pada Selasa (17/3) pagi, petugas angkasa pura dan seluruh instansi terkait dari kantor kesehatan pelabuhan, TNI dan Polri, melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Setiap pengunjung maupun calon penumpang maskapai penerbangan dipastikan kondisi kesehatannya dengan pemeriksaan thermo gun. Mulai dari areal tunggu, pemeriksaan masuk terminal pemberangkatan, sampai pemeriksaan di pintu masuk maskapai penerbangan.

Pemeriksaan suhu tubuh tersebut, dilakukan pada areal penerbangan domestik dan juga internasional. Begitu juga di areal bagasi barang penumpang, pihak angkasa pura menyediakan alat thermo scanner. (Ant)