Buaya Sering Muncul di Pantai Ketapang dan Labuhan Haji Lotim, Warga Diminta Waspada

1099
Kemunculan buaya di Pantai Ketapang, Senin (16/08/2021). (Inside Lombok/Istimewa).
SAVE 20210816 192102
Kemunculan buaya di Pantai Ketapang, Senin (16/08/2021). (Inside Lombok/Istimewa).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Video kemunculan seekor buaya di Pantai Ketapang, Kecamatan Pringgabaya dan Pantai Labuhan Haji Kecamatan Labuhan Haji Lombok Timur (Lotim) sontak menghebohkan warga.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB di Pantai Labuhan Haji juga sudah memasang banner imbauan agar warga yang beraktivitas di pantai tersebut untuk waspada terhadap kemunculan buaya.

Sementara itu, kemunculan buaya tersebut diabadikan langsung oleh seorang warga, Hajri yang saat itu sedang memancing bersama dengan rekannya di jembatan Pantai Ketapang. Itu terjadi pada hari Kamis 12 Agustus 2021 lalu.

“Saya melihat langsung kemunculan buaya itu saat saya sedang memancing. Dari perkiraan saya, panjang buaya itu mencapai 3 meter lebih,” ucapnya kepada Inside Lombok, Senin (16/08/2021).

Kemunculan buaya tersebut merupakan kedua kalinya yang dilihat oleh Hajri, setelah sebelumnya dilihat langsung oleh warga lain, H Lalu Ahmadi yang saat itu sedang bersepeda dengan beberapa temannya di pinggir Pantai Ketapang.

“Pada minggu pagi saat matahari baru terbit kami akan turun mandi, tapi begitu mau mandi muncul buaya besar berjarak sekitar 10 meter dari pinggir pantai,”tutur H Lalu Ahmadi.

Sontak kemunculan buaya itu membuatnya berlari menuju tendanya untuk mengambil ponsel miliknya untuk mengabadikan momen tersebut. Kebetulan saat itu ia tengah berkemah dengan temannya. Namun setelah ia balik mengambil ponselnya, buaya itu sudah menjauh dari pinggir pantai.

Kemunculan buaya ke permukaan di Pantai Labuhan Haji ini juga dibenarkan oleh Nursaim, yang saat itu sedang memancing. Kemunculan buaya di Labuhan Haji terjadi pada Jumat 13 Agustus 2021 kemarin.

“Pada saat kemunculan buaya itu, banyak pengunjung yang datang untuk melihatnya,” kata Nursaim.

Buaya berukuran 4 meter tersebut akhirnya dihalau oleh para nelayan agar tidak menepi ke pantai. Hal itu dilakukan agar tidak membahayakan warga dan beruntung buaya tersebut berhasil dihalau.