Empal Sambal Tomat, Menu Baru yang Menggoda di Hotel Santika Mataram

Mataram (Inside Lombok) – Hotel Santika Mataram meluncurkan empat menu terbaru pada hari Rabu (5/12/2018) yakni Empal Sambal Tomat dengan tambahan nasi putih, Singkong Mandiq yang merupakan hidangan penutup. Sedangkan terdapat dua menu minuman terbaru yaitu Coffe Float dan Fantastic Purple.

Empal Sambal Tomat menggunakan daging sapi yang dimasak hingga tekstur lebih empuk. Daging sapi bagian paha atas (rump) direbus terlebih dahulu, setelah bumbu meresap kemudian digoreng dengan sambal tomat khas Lombok.

Pemilihan daging untuk menu ini, Yasa, selaku Executive Chef Hotel Santika Mataram mengaku ia lebih memilih daging beku dibandingkan dengan daging segar yang terjual di pasar.

“Kalau daging frozen (beku, red), selesai dipotong langsung dibekukan. Beda dengan daging segar belum tentu higienis karena bisa cepat terkontaminasi,” jelasnya.

Yasa juga menerangkan bahwa menu dessert (makanan penutup, red) terbaru yang disebut Singkong Mandiq ini dibuat dengan proses sederhana akan tetapi tampilan tentu dibuat semenarik mungkin.

Bahan utama dalam dessert ini tentunya singkong kuning yang dikukus. Sedangkan untuk saosnya menggunakan campuran santan, susu, dan gula pasir serta tambahan parutan keju di atasnya.

“Bisa disajikan panas dan dingin, kalau ingin dingin bisa hanya ditambahkan es batu, cita rasa yang mendominasi itu manis dan gurih,” ungkap Yasa.

Sementara itu, untuk dua minuman terbaru yang diluncurkan Hotel Santika Mataram, Winda Apriani, selaku Asisten Restaurant dan Banquet Manager memperkenalkan Coffe Float dan Fantastic Purple.

Untuk Coffe Float campuran espresso dipadu dengan susu kental manis dan vanila ice cream 1 scoop sebagai toping. Coffe float bisa disajikan panas maupun dingin namun dengan tampilan yang berbeda.

“Ada variasi bagi penikmat kopi, kita di sini buat 45 ml dan cita rasanya creamy,” kata Winda.

Fantastic Purple merupakan minuman hasil kukusan ubi ungu yang sudah dihaluskan dengan blender dengan tambahan daun mint di atasnya. Minuman dari ubi ungu dengan tambahan plain yogurt dan madu sehingga tidak bisa disajikan panas melainkan hanya disajikan dingin.

“Fantastic Purple memiliki banyak manfaat terutama baik bagi pencernaan. Kami di sini menyiapkan minuman dan makanan sehat dari bahan-bahan herbal,” terangnya. (IL4)