Kasus Positif Covid-19 di Loteng Naik Lagi, Muncul Klaster Baju Lebaran?

Ketua Tim gugus tugas Covid-19 wilayah Lombok Tengah, H.M. Nursiah. (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) meningkat pada Selasa (27/5/2020) sebanyak tujuh kasus. Sehingga tercatat kasus Covid-19 sebanyak 38 kasus. Dimana 15 orang sedang menjalani perawatan dan 23 orang telah dinyatakan sembuh. Sedangkan kasus meninggal dunia tidak ada.

Peningkatan kasus Positif Covid-19 ini terjadi setelah mengalami trend penurunan pada pertengahan bulan Mei lalu.

Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), H.M. Nursiah mengatakan, satu diantara tujuh pasien yang positif Covid-19 tersebut ada yang merupakan tenaga kesehatan yang pulang pergi Loteng-Praya karena bertugas di rumah sakit yang ada di Mataram.

“Rilis sebelumnya juga ada dua tenaga kesehatan yang di wilayah Kopang dan Bagu, sebenarnya tinggal di Mataram. Makanya kita akan koordinasi dengan Satgas Kota Mataram bagaimana sistem pengakuan datanya”,katanya.

Ketika ditanya apakah muncul klaster baju lebaran terkait dengan adanya peningkatan kasus positif Covid-19 tersebut, dia menjawab bahwa hal itu mungkin saja terjadi.
Karena peningkatan kasus tersebut terjadi setelah euforia lebaran usai.

” Ya tentu kalau kita berasumsi pengaruh kegiatan lebaran itu mungkin saja”, ujarnya.

Karena itu, pemerintah melakukan kontak tracking serta mengambil sampel darah untuk melakukan rapid test terhadap orang yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19.

“Jadi kemungkinannya bisa saja pengaruh lebaran atau bekerja di luar bisa saja”, demikian Nursiah.