Keluar Dari Zona Orange, Kasus Covid-19 di Lombok Tengah Capai 918

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) akhirnya keluar dari zona orange kasus Covid-19 per 13 Juni 2021. Hingga berita ini ditulis, kasus terkonfirmasi positif sebanyak 918.

“Sekarang kita (Lombok Tengah) sudah ada di zona kuning Covid-19. Per 14 Juni kasus Covid-19 di Lombok Tengah 918,” kata PLT Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, dr. Muzakir Langkir, Selasa (15/6/2021) di Praya.

Dari 918 kasus tersebut, yang sudah dinyatakan sembuh mencapai 832 orang. Kemudian meninggal dunia sebanyak 72 orang dan masih masih menjalani perawatan atau isolasi sebanyak 11 orang.

“Ke 11 orang ini empat orang dirawat di RSUD Praya. Enam orang di RSUD Praya dan empat orang isolasi mandiri,”katanya.

Dia mengatakan, Lombok Tengah termasuk daerah yang tergolong cepat keluar dari zona orange kasus Covid-19 yakni kurang dari dua bulan.

Pemerintah daerah menargetkan dalam jangka waktu tiga bulan ke depan Lombok Tengah sudah masuk zona hijau kasus Covid-19.

“Sesuai rencana kita akan kumpulkan semua Kepala Puskesmas akan atur strategi untuk keluar dari zona kuning ini,”ujarnya.

Di satu sisi, penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat harus lebih dikontrol lagi. Karena masih banyak masyarakat yang abai untuk menerapkan protokol kesehatan ini, seperti di beberapa pasar tradisional di Lombok Tengah yang masih banyak dijumpai pedagang tidak pakai masker.

“Memang masih perlu pengontrolan lagi. Karena banyak yang abai seperti di pasar,”cetusnya.