Tidak Pakai Es Batu, Petani Disarankan Pakai Hidrogel untuk Pengairan Tembakau

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Beberapa waktu lalu, sejumlah petani di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah sempat viral di media sosial. Itu karena mereka mengairi tanaman tembakau dengan es batu akibat tidak ada air.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pertanian, Lalu Iskandar, Senin (14/6/2021) mengatakan, es batu sama dengan air. Hanya saja penggunaan es batu itu dinilai kurang efektif dan efisien.

“Kalau kami dari Dinas Pertanian menganjurkan petani untuk menggunakan hidrogel. Hidrogel itu lebih efektif sebagai solusi kekeringan ketimbang menggunakan es batu,” kata Iskandar, Senin (14/6/2021) di Praya.

Hidrogel tersebut sejenis jeli yang menyerap dan menyimpan air dalam jangka waktu yang lama. Hidrogel itu kemudian ditanam ke dalam tanah. Harganya juga terjangkau.

Selain itu, secara ilmiah, hidrogel tersebut diyakini memiliki kemampuan untuk menyimpan air dalam jangka waktu yang lama. Sehingga bisa lebih efektif dan efisien.

“Ini secepatnya kita akan mulai di sentra-sentra tembakau seperti kecamatan Praya Timur. Ini kita coba sebagai solusi kekurangan air,”kata Iskandar.