Kunjungi KEK Mandalika, Jokowi Puji Progres Pembangunan NTB

Mataram (Inside Lombok) – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau pembangunan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kuta, Lombok Tengah (Loteng), Jumat (17/05/2019). Dalam kunjungannya tersebut Jokowi didampingi oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah dan Bupati Lombok Tengah, Moh. Suhaili Fadhil Thohir, jajaran pengurus ITDC selaku pengelola KEK Mandalika, serta beberapa pejabat lainnya.

Kunjungan Jokowi ke NTB kali ini khusus untuk meninjau pembangunan beberapa fasilitas di kawasan yang dicanangkan menjadi sirkuit untuk gelaran MotoGP di Indonesia pada tahun 2021 mendatang ini. Beberapa fasilitas yang menjadi perhatian Jokowi antara lain kamar mandi, bay-watch atau Bale Wisata, serta meninjau denah pembangunan jalan elak (bypass) yang akan dibangun dari Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju KEK Mandalika.

Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi menilai KEK Mandalika yang diresmikannya pada 20 Oktober 2017 lalu, dalam kurun waktu kurang dari dua tahun telah menunjukkan progras pembanungan yang signifikan.

“Saya (berkunjung) ingin melihat progress, perkembangan Mandalika. Perkembangannya bagus,” ujar Jokowi, Jumat (17/05/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan pesan agar seluruh komponen pemerintahan dan masyarakat di NTB agar bersama-sama menjaga apa yang telah dibangun di KEK Mandalika, baik fasilitasnya maupun kelestariannya. Sehingga kesalahan manajemen yang pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya di beberapa fasilitas yang dibangun pemerintah tidak terulang lagi.

Terlebih dengan dipilihnya NTB, khususnya KEK Mandalika di Pulau Lombok, menjadi destinasi wisata kelas internasional dengan diadakannya gelaran MotoGP 2021. Karena itu, menurut Jokowi pembangunan fasilitas pendukung juga perlu perhatian dari seluruh pihak terkait.

Jokowi sendiri menyampaikan perasaan optimisnya bahwa seluruh kerja konstruksi di KEK Mandalika akan rampung pada awal tahun 2020. Dengan begitu, masyarakat Indonesia dan dunia dapat menyaksikan gelaran lomba balap motor terbesar di dunia itu bersama-sama dengan masyarakat NTB. Dengan begitu diharapkan akan memberikan dampak yang baik pada pertumbuhan ekonomi, baik di NTB maupun Indonesia secara umum.

“Bandara sudah, jalan sudah penetapan lokasinya. Sehingga kita harapkan konstruksi selesai paling lambat Januari 2020,” pungkas Jokowi.

Selain mengunjungi KEK Mandalika, Jokowi beserta rombongan juga menyempatkan diri melaksanakan shalat Jumat di Masjid Nursahada, Desa Sade, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah untuk kemudian bertolak ke Bali.