Lima Nakes di RSUD Kota Mataram Terjangkit Covid-19, Riwayat Kontak Masih Ditelusuri

Mataram (Inside Lombok) – Sebanyak Lima Tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Kota Mataram kembali terjangkit virus corona. Sebanyak tiga orang bertugas di bagian farmasi. Satu orang di gizi dan satu lagi seorang dokter.

”Risiko nakes memang seperti itu. Rentan terkena penularan Covid-19,” kata Direktur RSUD Kota Mataram dr. HL Herman Mahaputra, di Mataram, Senin (25/05/2020).

Ia mengatakan bahwa dari lima orang itu, dua diantaranya sudah melakukan swab ulang dengan hasil negatif. Sementara tiga lainnya masih dalam perawatan.

”Sisanya masih menjalani isolasi dalam kondisi baik,” ujarnya.

Pihaknya masih menyelidiki penyebab tenaga kesehatan di rumah sakit pemerintah ini terjangkit virus corona. Namun ia tidak menampik jika ada kemungkinan yang bersangkutan terjangkit akibat kontak dengan pasien. Namun bisa juga terjangkit saat mereka pulang ke rumah.

Pihaknya sudah memastikan semua tenaga kesehatan menggunakan alat pelindung diri saat bertugas. Ia juga tetap mengingatkan agar semua tenaga kesehatan tetap menjalani protokol pencegahan covid-19 saat berada di rumah maupun di luar rumah.

“Protokol pencegahan harus dilakukan di mana saja, bukan saja di rumah sakit. Gunakan masker saat berada di luar rumah dan rajin cuci tangan, ” ujarnya.