Rapid Test di Loteng Prioritaskan Tenaga Medis

183
Juru bicara penanganan Covid-19 Kabupaten Lombok Tengah, H. Lalu Herdan. (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Pemkab Lombok Tengah berencana melakukan rapid test atau tes cepat Covid-19 secara massal di sejumlah tempat. Untuk tahap pertama, rapid test tersebut akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

“Ye rencananya rapid test didahulukan untuk tenaga medis dulu”, kata juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Lombok Tengah (Loteng), H. Lalu Herdan, Selasa (26/5/2020) di Praya.

Diterangkan, tenaga medis menjadi prioritas pemeriksaan Covid-19 karena merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Hal ini juga sebagai langkah antisipasi mengingat sudah ada beberapa tenaga medis yang terpapar Covid-19.

“Tidak ada tenaga kesehatan kita yang kena (Covid-19). Tapi sebagai antisipasi karena belakangan ini di RSUD Mataram maupun RSUP Provinsi beberapa tenaga kesehatan sudah terpapar Covid-19”,ujarnya.

Tenaga medis yang akan menjalani rapid test akan didahulukan bagi mereka yang kontak langsung dengan pasien Covid-19 dan melakukan tracking pasien. Rencananya rapid test akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Sementara alat rapid test diperkirakan sudah mencukupi untuk seluruh tenaga medis yang ada di Loteng.

“Untuk tenaga kesehatan Insya Allah cukup”,imbuhnya.