Lotim Jadi Tuan Rumah HAN 2022, Tingkatkan Empati bagi Anak Kurang Beruntung

20
Bupati Lotim saat menerima Kemensos RI di ruangannya, Rabu (22/06/2022).(Inside Lombok/Istimewa)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Kabupaten Lombok Timur (Lotim) direncanakan bakal menjadi lokasi penyelenggaraan rangkaian peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Peringatan HAN tersebut akan berlangsung 11-23 Juli mendatang. Nantinya kegiatannya akan menyasar 21 kecamatan di Lotim. Hal itu dilakukan sebagai bentuk upaya Kemensos mengedepankan empati seluruh pihak bagi anak-anak yang kurang beruntung.

“Kita berupaya meningkatkan empati bagi anak yang kurang beruntung, utamanya anak terlantar, difabel dan miskin,” ucap Direktur Rehabilitasi Sosial Anak kementerian Sosial RI, Kanya Eka Santi di Kantor Bupati Lotim.

Adapun fokus kegiatan peringatan HAN itu adalah untuk mengatasi berbagai permasalahan terhadap anak-anak di Lotim. Mulai dari dokumen kependudukan, kesehatan, rumah layak huni, dan kampanye anti kekerasan seksual.

“Dengan itu juga kita memperkuat pencegahan perkawinan terhadap anak dan pola asuh dalam keluarga,” katanya. Nantinya peringatan HAN lebih berorientasi untuk menjawab kebutuhan anak secara riil, baik itu hak anak, anak sehat, kreatif, dan perlindungan anak.

Menanggapi rencana tersebut, Bupati Lotim, H. M. Sukiman Azmy menyambut baik apa yang dihajatkan oleh Kemensos RI dengan meminta pada OPD terkait berkolaborasi dengan baik agar kegiatan itu bisa berjalan optimal.

“Ini rencana yang sangat baik, lokasi acara puncak tentunya sudah ada dan kita siapkan, selanjutnya para OPD kita minta untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan baik,” pungkasnya. (den)