Nelayan Jarang Melaut, Harga Ikan Bakar Jadi Naik

59
Ikan bakar hasil tangkapan nelayan, Selasa (30/11/2021). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Sedikitnya hasil tangkapan para nelayan saat musim . penghujan berakibat pada naiknya harga ikan. Terlebih stok penjualan saat ini terbatas.

Salah seorang penjual ikan di Pantai Labuhan Haji, Sahmini mengeluhkan sedikitnya stok ikan yang didapat dari para nelayan akibat cuaca buruk mengakibatkan harga ikan laut saat ini ikut mengalami kenaikan.

“Nelayan saat ini dapat ikan sedikit, harga juga naik. Sehingga kita yang menjual ikan hasil tangkapan juga ikut naik. Terlebih kita menjual olahannya berupa ikan bakar,” katanya saat ditemui di Pantai Labuhan Haji, Selasa (30/11).

Adapun kenaikan harga ikan tersebut bervariasi, tergantung ukuran dan juga jenis ikannya. Kenaikan harga ikan sendiri berkisar di angka Rp10 ribu per ekornya. “Harga kita naikkan Rp10 ribu per ekornya, kalau harga ikan itu semula Rp30 ribu, maka kita naikkan jadi Rp40 ribu,” tuturnya.

Harga ikan itu sendiri sudah mulai naik sejak dua pekan lalu ketika hujan mulai mengguyur dengan intensitas tinggi. Hal itu mengingat hasil tangkapan dari nelayan yang memang tidak menentu dan jauh dari pendapat di hari normal.

“Itu yang membuat kita para pengolah hasil tangkapan kesulitan dalam mendapatkan stok ikan juga,” pungkasnya. (den)