Penerapan SPBE di OPD Pemkab Lotim Masih Minim 

Kepala Diskominfo Lombok Timur, Fauzan. (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Dalam menjamin kecepatan informasi dan pelayanan bagi masyarakat di era digital seperti saat ini tentunya harus dibarengi dengan pelayanan yang berbasis digital pula. Namun di Kabupaten Lombok Timur masih minim Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memanfaatkan teknologi ini. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lombok Timur, Fauzan mengatakan bahwa sejumlah OPD di Kabupaten Lombok telah Timur menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Namun masih banyak juga yang belum bahkan memaksimalkan teknologi untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat. 

“Penggunaan SPBE ini sudah tertuang dalam Peraturan Bupati,” ucapnya kepada awak media di ruangannya, Jumat (20/01). 

Penerapan SPBE oleh OPD tentunya agar dapat memaksimalkan pelayanan dan pelayanan yang tepat sasaran, sehingga pihak Diskominfo berharap agar semua OPD betul-betul dapat menerapkan dan memaksimalkan SPBE. 

“Sudah lumayan yang menerapkan SPBE dengan aplikasinya masing-masing, misalnya seperti Disdukcapil dengan aplikasi BAKSO,” jelasnya. 

Gebrakan elektronik dengan memanfaatkan teknologi seperti aplikasi maupun website saat ini sangat dibutuhkan untuk mendekatkan dan mempermudah pelayanan bagi masyarakat, sehingga Diskominfo berharap agar semua OPD dapat mempunyai SPBE. 

“Saat ini masih beberapa saja, kita harapkan tahun ini semua OPD dapat menjalankan SPBE ini,” pungkasnya. (den)