Sedimentasi Drainase Jadi Penyebab Banjir Luapan di Pringgabaya

Personel TRC-PB BPBD Lotim saat membantu masyarakat membenahi drainase, Jumat (20/01/2023). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Hujan lebat di Kecamatan Pringgabaya mengakibatkan adanya banjir luapan yang menyebabkan beberapa rumah dan fasilitas umum terendam. Berdasarkan hasil asesmen dari Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) BPBD Lombok Timur, terungkap bahwa luapan terjadi lantaran saluran drainase mengalami penyempitan dan sedimentasi.

“Hasil asesmen yang kita lakukan tadi bahwa penyebab banjir luapan ini karena drainase yang mengalami pendangkalan yang membuat tidak bisa menampung volume air,” ucap Koordinator Lapangan TRC-PB BPBD Lotim, Edy Suparlin kepada awak media, Jumat (20/01/2023).

Dalam upaya mengurangi volume genangan, pihak TRC-PB BPBD Lotim terpaksa menjebol gorong-gorong agar air bisa masuk ke drainase dan dapat mengatasi luapan yang menyebabkan rumah warga terendam.

“Genangan masih ada serta potensi hujan lebat juga masih dapat terus terjadi,” tuturnya.

Hujan yang terjadi di Pringgabaya sendiri sudah terjadi sejak pukul 11.00 Wita dengan intensitas sangat lebat, hal itu kemudian memicu debit air yang cukup tinggi sehingga drainase tidak kuat untuk menampung debit air yang datang. (den)