Polres Lobar Bangun Pos Pantau Pulau Terluar

Pasukan pengawal pulau terluar Indonesia. (Inside Lombok/Humas Polres Lobar).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Polres Lombok Barat (Lobar) sedang membangun pos untuk melakukan pemantauan pulau terluar di Lombok Barat, Shopia Lousia atau pulau Sepatang yang ada di dusun Panggang, desa Persiapan Blongas, kecamatan Sekotong.

Kapolres Lobar, AKBP Bagus S Wibowo berharap setelah dibangunnya pos tersebut, dapat memberi kemudahan bagi para petugas untuk melakukan pemantauan situasi terkini di pulau terluar Sepatang atau Shopia Lousia tersebut.

“Dengan adanya pos pantau ini, kita juga berharap semoga dapat bermanfaat. Termasuk untuk membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan layanan kepolisian,” ujar Bagus, dalam keterangan tertulis yang diterima Inside Lombok, Rabu (22/09/2021).

Dia menyebut, pos pantau ini akan dibangun di atas tanah seluas 500 meter, yang rencananya dibangun dengan tipe 36.

Kapolsek Sekotong, Iptu I Kadek Sumerta menambahkan, selama ini pemantauan di pulau terluar Sepatang biasanya dilakukan melalui patroli secara bergilir sesuai jadwal. Namun dengan dibangunnya pos pantau di kawasan itu, diharapkan nantinya dapat mengoptimalkan pemantauan setiap saat.

“Kalau sebelumnya, untuk bisa mencapai lokasi pos pantau ini, kami harus melalui medan yang cukup berat,”tutur Kadek.

Seiring berjalannya waktu, kini akses jalan menuju lokasi itu pun sudah semakin membaik.

“Karena pos ini letaknya di wilayah terpencil, tentu saja ini juga untuk dapat membantu menciptakan kemanan dan ketertiban bagi masyarakat,” paparnya.

Prosesi peletakan batu pertama pembangunan pos pantau itu pun disaksikan langsung oleh Kapolres Lobar, kepala desa Buwun Mas, Kepala Desa Belongas serta para tokoh masyarakat setempat.