Rekam KTP Elektronik Kini Cukup di Kantor Camat

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Masyarakat Kabupaten Lombok Tengah kini tidak perlu lagi mengante lama dan berdesakan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) untuk mengurus KTP elektronik. Pasalnya, layanan perekaman KTP elektronik mulai sekarang sudah bisa dilakukan di kantor kecamatan.

“Semua kecamatan menerapkan layanan perekaman KTP elektronik.Yang belum melakukan perekaman silahkan ke kantor camat”,kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lombok Tengah, Baiq Anita Nindiana, Jum’at (3/7/2020) di Praya.

Dikatakan, KTP elektronik yang direkam di kantor camat kemudian akan dicetak di Kantor Dukcapil. Setelah dicetak akan dibagi kepada masyarakat melalui petugas registrasi yang ada di desa dan kecamatan.

“Sementara untuk dokumen kependudukan lain, tetap dilayani melalui online”, katanya.

Adapun bagi masyarakat yang tidak bisa mengakses pelayanan secara online, bisa datang ke kantor desa. Kemudian petugas registrasi desa yang akan membawa dokumen ke Dukcapil untuk diselesaikan.

“Kita kembalikan lagi ke desa. Masyarakat mengambil lagi ke petugas desa”,katanya.

Dia menjelaskan, layanan perekaman KTP elektronik di kantor camat dan dokuemn lain secara online dilakukan agar masyarakat tidak berkerumun di kantor Dukcapil seperti yang terjadi selama ini. Dengan begitu diharapkan bisa meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Selama ini kan bagaimana menumpuknya di kantor Dukcapil. Kalau sekarang kalau ke desa diserahkan tidak terlalu banyak”,katanya.

Sementara itu, jumlah penduduk Lombok Tengah yang sudah melakukan perekaman KTP elektronik hingga saat ini mencapai 95, 1 persen dari wajib KTP. “Tinggal 4 persen yang belum atau 35 ribu orang”,ujarnya.

Sementara jumlah KTP elektronik yang belum dicetak sebanyak 3 ribu keping. Ke 3 ribu keping itu menurutnya bisa dituntaskan dalam jangka waktu tiga hari.

“Sekarang belum dicetak karena blanko kosong dari kemarin. Tapi sudah kita usulkan ke pusat. Mungkin hari ini datang”,demikian Baiq Anita.