Sekolah di Lotim Diminta Alokasikan Dana BOS untuk Pengadaan Kuota Internet

Kadikbud Lotim, Ahmad Dewanto Hadi saat ditemui di sela-sela kegiatannya, di Selong, Rabu (12/08/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Bupati Lombok Timur M Sukiman Azmy sebelumnya meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur (Lotim) agar Bantuan Operasional Sekolah (BOS) digunakan untuk pengadaan paket internet. Ini bertujuan agar pelaksanaan belajar daring bisa terlaksana dengan baik.

“Berbagai cara harus ditempuh Dikbud agar pendidikan di Lombok Timur tidak stagnan atau tidak mengalami perkembangan,” ucap Bupati.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Lombok Timur, Ahmad Dewanto mengatakan bahwa dana BOS tersebut memang bisa diminta untuk membeli paket Internet.

“Belajar daring tidak terlepas dari yang namanya paket internet. Untuk itu, kita meminta Kepala Sekolah untuk mengalokasikan dana BOS untuk pengadaan kuota,” ucapnya.

Besaran dana BOS yang dialokasikan untuk pengadaan paket internet tersebut tidak dipersentasikan. Mengingat besaran dana BOS yang diterima tiap sekolah berbeda-beda.

“Tidak ada persentase untuk dana yang dialokasikan, semua itu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah,” tuturnya.

Namun, tidak semua sekolah bisa melaksanakan belajar daring. Mengingat kondisi jaringan di tiap wilayah berbeda-beda.

“Sekolah yang tidak bisa belajar daring, bisa melakukan kunjungan ke rumah siswa,” pungkasnya.