Warga Pringgasela Lakukan Penghijauan di Pinggir Jalan

123
Penanaman pohon oleh Babinsa, Kepala Desa dan juga masyarakat, di Pringgasela, Senin (28/12/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Ratusan Masyarakat Desa Pringgasela Timur, Desa Pringgasela, Kabupaten Lotim, lakukan aksi turun ke jalan untuk melakukan penghijauan di pinggir jalan. Hal tersebut dilakukan agar suasana asri, aman, dan nyaman bisa tercipta melalui gerakan penghijauan tersebut.

Kepala Desa Pringgasela Timur, M Sabri mengatakan, selain untuk mempercantik desa dengan menanam 250 pohon pucuk merah dan ketapang kecana, langkah tersebut juga untuk memperkuat struktur tanah yang ada di Pringgasela. Pasalnya Desa Pringgasela Timur sebagian wilayahnya digunakan sebagai lokasi penambangan pasir.

“Langkah penghijauan ini kita ambil sebagai bentuk upaya pemerintah dan masyarakat mempertimbangkan pengurangan risiko bencana dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan,” jelasnya Kepada Inside Lombok, Senin (28/12).

Dari hasil pemetaan wilayah yang dilakukan masyarakat dengan dibantu oleh Advokasi Buruh Migran Indonesia (ADBMI), bahwasanya Pringgasela Timur memiliki daerah dengan terdapat risiko bencana akibat dari banyaknya galian.

“Kita antisipasi hal yang tidak diinginkan, dan juga untuk melakukan penataan desa kembali,” ujarnya.

Terlihat, ratusan masyarakat dari berbagai kalangan usia ikut andil dalam penghijauan tersebut. Ke depan dengan penanaman ratusan pohon tersebut dapat menjadi apa yang diharapkan masyarakat Pringgasela Timur menjadi desa yang asri, aman, dan nyaman.