Wisata Kebun Anggur Jadi Daya Tarik pada Momen Libur Lebaran

Buah anggur di kebun yang ada di Sukamulia (15/05/2021). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Agrowisata kebun anggur atau yang diberi nama Padamara Grape yang berlokasi di Desa Padamara, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur. Saat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk memanfaatkan momen libur lebaran.

Anggur yang ditanam pada lahan seluas 10 are dengan puluhan jenis anggur, baik lokal maupun impor bisa ditemui di tempat tersebut. Tak hanya bisa menikmati buah anggur secara langsung, pengunjung juga diberikan edukasi mengenai tanaman anggur yang cocok ditanam dan cara perawatannya.

“Selain menyediakan kebun anggur, kita juga menyediakan bibit bagi para pengunjung yang ingin menanam di halaman rumahnya,” ucap M Sabri pemilik kebun anggur saat ditemui Inside Lombok, Sabtu (15/05/2021).

Untuk dapat menikmati indahnya tanaman anggur, para pengunjung cukup membayar karcis masuk sebesar Rp5000 saja. Sedangkan untuk dapat memetik dan mencicipi buah anggur langsung dari pohonnya, pengunjung cukup membayar dengan harga anggur di pasaran untuk per kilogramnya.

“Di sini anggur kita jual sesuai harga pasar, tentunya harga anggur bervariasi sesuai dengan jenisnya,” katanya.

Sebanyak 230 batang pohon anggur yang di tanam di lahan seluas 10 are ini, pengunjung bisa memilih buah anggur yang menjadi favoritnya untuk dinikmati langsung di lokasi maupun di bawa pulang.

Salah seorang pengunjung asal Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, M Asrinuddin mengatakan bahwa berawal dari penasarannya melihat sebuah postingan pada akun sosial media, membuat ia penasaran untuk mengunjungi lokasi agrowisata buah anggur ini.

“Saya penasaran dengan postingan di media sosial, sehingga saya rela jauh-jauh datang ke sini untuk dapat menikmati buah anggur langsung dari sumbernya,” katanya.

Dikatakan Asrinuddin tempat tersebut sangat cocok untuk menambah pengetahuan tentang tanaman anggur, dikarenakan pengelola kebun tersebut langsung memberikan penjelasan di lokasi terkait jenis anggur dan asal jenis tanaman anggur.

“Di sini selain kita dapat menikmati anggurnya, kita juga bisa menambah pengetahuan mengenai jenis dan asal buah anggur,” imbuhnya.