27.5 C
Mataram
Senin, 24 Juni 2024
BerandaDaerahPastikan Masyarakat Aman, Polresta Mataram Sebar Personel Kepolisian di Setiap Lingkungan

Pastikan Masyarakat Aman, Polresta Mataram Sebar Personel Kepolisian di Setiap Lingkungan

Mataram (Inside Lombok) – Polresta Mataram resmi membentuk Polisi Lingkungan yang akan menjadi ujung tombak pihak kepolisian bersentuhan langsung dengan masyarakat. Ada sekitar 668 perseonel yang nantinya akan disebar untuk melakukan pengamanan di setiap lingkungan yang ada di wilayah hukum Polresta Mataram.

Kapolresta Mataram, Kombes Pol Mustofa menyampaikan bahwa hal ini merupakan tindak lanjut dari program Polisi RW yang diusung Polri. Namun karena di wilayah hukum Polresta Mataram tidak ada RW, maka dibentuk polisi lingkungan. “Kita penuhi 100 persen atau 6 Kecamatan Kota Mataram, serta sisanya untuk Kecamatan di Kabupaten Lombok Barat,” ujarnya, Selasa (9/5).

Para anggota yang diterjunkan sebagai Polisi Lingkungan itu akan bertugas mulai 6 April hingga 6 Juli 2023 mendatang, sesuai Surat Perintah Nomor : Sprin / 716 / IV / KEP../2023 tertanggal 12 April 2023. Dalam hal ini, Kasat Binmas Polresta Mataram akan berperan sebagai koordinator.

“Tugas pokok rekan-rekan sesuai Undang-undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Polri pasal 13 Harkamtibmas, Penegakan Hukum, Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat,” terangnya.

- Advertisement -

Mustofa juga menekankan agar para kapolsek memberikan arahan kepada Bhabinkamtibmas untuk ikut menjadi koordinator di wilayah binaan, dalam pemecahan permasalahan bersama polisi lingkungan. “Dalam minggu ini untuk segera memperkenalkan diri ke kaling, kadus bahwa sebagai polisi lingkungan dengan meninggalkan nomor telepon masing-masing (personel),” tegasnya.

Salah satu tugas polisi lingkungan nantinya adalah mendata berbagai macam persoalan dan beberapa hal untuk bisa membantu pelayanan kepolisian seperti konsultasi hukum, problem solving, perpolisian masyarakat maupun bentuk pelayanan kepolisian, bersama-sama belajar kembali fungsi kepolisian. Selain itu, diharapkan ini seperti restorative justice versi mini komunikasi dengan lingkungan anda semakin sering semakin bagus, peningkatan kepercayaan publik semakin baik.

“Kita berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, semoga kepercayaan masyarakat terhadap Polri semakin baik, selamat bertugas dan ke depan untuk mempersiapkan menghadapi tahun politik tahun 2024,” imbuhnya. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer