26.5 C
Mataram
Minggu, 26 Mei 2024
BerandaDaerahPuluhan Pedagang Musiman Jajakan Menu Lebaran Topat

Puluhan Pedagang Musiman Jajakan Menu Lebaran Topat

Mataram (Inside Lombok) – Pada momen Lebaran Topat, para pedagang musiman yang menyajikan menu khusus seperti ketupat lengkap dengan opor dan lainnya bermunculan di Kota Mataram, salah satunya seperti di Kelurahan Punia. Munculnya banyak pedagang musiman ini tidak lain lantaran omzet yang diperoleh cukup banyak.

Salah seorang pedagang, Yanti mengatakan berjualan menu Lebaran Topat hanya dilakukan selama dua hari sebelum dan saat perayaan. Dalam sehari omzet yang diperoleh lebih dari Rp1 juta. “Berjualan setiap Lebaran Topat saja sama Idulfitri. Ini kita manfaatkan karena omzet yang cukup menggiurkan,” katanya, Rabu (17/4) pagi.

Pendapatan katanya tergantung dari jenis makanan yang dijual. Artinya, jika makin banyak menu maka omzet yang diperoleh lebih banyak. Menu makanan yang dijual seperti ketupat, lontong, bantal (jajan dari ketan), opor ayam, urap, plecing hingga poteng dan jaje tujak. “Yang beli itu banyak dari ASN. Kita manfaatkan jalan ini hanya pada momen ini saja. Jadi mudah diakses oleh pembeli,” katanya.

Sementara pedagang yang lain, Yus mengatakan dalam sehari omzet yang diperoleh mencapai Rp2 juta. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meski jenis jualan yang sama namun tetap habis terjual.

- Advertisement -

“Saya mulai jualan itu pagi jam 08.00 wita sampai malam nanti. Habis ini sudah. Yang kita jual sama saja ini sepanjang jalan ini,” katanya. Menu saat Lebaran Topat rata-rata sama. Selama ini keberadaan pedagang yang menggunakan trotoar tersebut tidak diusir petugas. Pasalnya aktivitas jualan yang dilakukan hanya pada waktu tertentu saja. “Kita tetap jualan disini setiap tahun terutama pada saat lebaran topat. Kalau di hari lain trotoar ini sepi (tidak ada yang berjualan red),” tutupnya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer