32.5 C
Mataram
Sabtu, 27 April 2024
BerandaEkonomiPengurus Baru IWAPI Diharapkan Jadi Penggerak Pembangunan Potensial di Lobar

Pengurus Baru IWAPI Diharapkan Jadi Penggerak Pembangunan Potensial di Lobar

Mataram (Inside Lombok) – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Lombok Barat berada di kepengurusan baru saat ini yang dipimpin oleh Siti Wahidah sebagai ketua. Kepengurusan generasi ketiga ini diharapkan untuk menggerak pembangunan potensial yang ada di Lombok Barat. Mengingat Lombok Barat menjadi salah satu lokasi yang didatangi oleh wisatawan kapal pesiar di Pelabuhan Gili Mas.

Ketua IWAPI NTB Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi mengatakan, DPC IWAPI Lombok Barat menjadi perhatian DPD IWAPI NTB, karena adanya beberapa potensi pembangunan yang bisa berkembang, seperti pariwisata, pertanian hingga kuliner. Apalagi diketahui Lombok Barat mempunyai beberapa gili-gili yang menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dan beberapa destinasi pariwisata lainnya tidak kalah bagus dengan kabupaten/kota lainnya.

“Jadi saya berpikir DPC IWAPI Lobar itu harus punya peran penting didalam mengembangkan usaha-usaha mereka yang ada di Lombok Barat,” ujar Baiq Diyah Ratu Ganefi, Senin (25/3).

Lebih lanjut, DPC IWAPI Lombok Barat diharapkan menjadi mitra strategis pemerintah untuk mengembangkan potensi daerahnya. Sekarang ini pengurusan yang baru ini, hampir 70 persennya merupakan pengusaha dan 30 persennya adalah anggota yang baru memulai usaha. Baik itu UMKM skala mikro, kecil maupun menengah.

- Advertisement -

“70 persen ini saya rasa mereka sudah siap di Lombok Barat ini, satu-satunya DPC yang saya harapkan adalah Lombok Barat. Disamping ada Lombok Timur dan lainnya,” katanya.

Kendati, Lombok Barat menjadi prioritas DPD IWAPI. Apalagi sekarang ini pariwisata juga perlu ada pendukungnya untuk bisa mengembangkan potensi yang ada. Seperti kuliner, cinderamata, art shop dan lainnya. Mengingat orang berwisata tentunya membutuhkan oleh-oleh sebagai buah tangga bahwa mereka telah mengunjungi suatu tempat atau destinasi pariwisata.

“Itu menjadi satu kesatuan (pariwisata, kuliner, souvenir). Nanti kalau Lombok Barat berhasil, maka imbasnya bisa ke Lombok Tengah. Kita punya sentra-sentra kerajinan, kita harapkan mulai hidup sekarang ini,” imbuhnya.

BRGD menyebutkan, bahwa Lombok Barat menjadi tempat singgah beberapa kapal pesiar yang membawa ribuan wisatawan mancanegara (wisman). Setiap kali kapal pesiar bersandar, para tamu yang turun disuguhkan dengan beberapa stand UMKM. Bahkan sebelumnya, DPC Lombok Barat sudah menjalin kerjasama agar anggota IWAPI dibidang kuliner, art shop bisa memasarkan produk mereka di depan tamu-tamu kapal pesiar.

“Itu sudah dilakukan, dan mudah-mudahan dengan kepimpinan baru ini dia lebih professional lagi melakukan Kerjasama dan ini sangat potensial,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Barat Hj Sumiatun mengapresiasi keberadaan IWAPI di Lombok Barat karena bagaimanapun juga organisasi organisasi perempuan ini diperlukan bagaimana meningkatkan umkm. Kemudian memberikan pelatihan-pelatihan pada UMKM serta bagaimana bisa memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah kabupaten. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer