27.5 C
Mataram
Jumat, 3 Mei 2024
BerandaEkonomiRp3,63 Triliun Uang Tunai Disiapkan untuk Kebutuhan Ramadan dan Idulfitri

Rp3,63 Triliun Uang Tunai Disiapkan untuk Kebutuhan Ramadan dan Idulfitri

Mataram (Inside Lombok) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) NTB mempersiapkan Rp3,63 triliun uang kartal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah. Mengingat pada Ramadan tahun ini banyak kebutuhan masyarakat akan uang kartal atau uang tunai.

BI NTB memperkirakan permintaan untuk uang pecahan besar (UPB) maupun uang pecahan kecil (UPK) akan meningkat tahun ini. Karena itu, dari jumlah uang kartal yang disiapkan, dibagi untuk UPB Rp50-100 ribu sebesar Rp3,32. triliun dan UPK Rp20 ribu sebesar Rp306,9 miliar.

“Jumlah tersebut sangat siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Ramadan hingga lebaran nanti yang diproyeksikan mencapai Rp3,43 triliun, meningkat 5,3 persen dibandingkan Ramadan tahun lalu,” ujar Kepala Perwakilan BI NTB, Berry Arifsyah Harahap, Rabu (20/3).

Beberapa faktor yang mendorong peningkatan kebutuhan uang rupiah, di antaranya adanya pembayaran gaji ke 13 dan THR bagi ASN, TNI dan POLRI. Pembayaran THR sektor swasta, pencairan bansos, dan meningkatnya aktivitas ekonomi dampak faktor musiman yaitu meningkatnya mobilitas masyarakat dan kunjungan wisatawan di tengah libur panjang. “Kami menyediakan rupiah sesuai dengan proyeksi kebutuhan uang rupiah di masyarakat, termasuk strategi distribusinya ke seluruh wilayah NTB,” ucapnya.

- Advertisement -

Tak hanya itu saja, layanan rupiah yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan jangkauan maksimal hingga ke wilayah 3T (Terdepan Terluar Terpencil) dan yang jauh dari jangkauan layanan perbankan (Low Access to Cash ). “Dalam hal ini berkolaborasi secara terpadu bersama Perbankan dengan membuka layanan penukaran uang di jaringan kantor cabang perbankan,” terangnya.

Selanjutnya, BI NTB juga menyediakan layanan pemenuhan/penukaran uang tunai pada 119 titik lokasi jaringan kantor bank di seluruh kabupaten/kota di NTB. Kegiatan kas keliling Bank Indonesia sebanyak 24 kali pada 13 titik lokasi dengan tujuan Selong, Jerowaru, Tanjung Luar, Pelabuhan Kayangan Lombok Timur, Sekotong Lombok Barat), Taliwang, Maluk Sumbawa Barat, Sanggar Kabupaten Bima, Pulau Bungin, Sumbawa, Dompu, Pelabuhan Lembar dan Kota Mataram.

“Termasuk Layanan kas keliling di area parkir Islamic Centre setiap hari kerja mulai tanggal 25 Maret – 5 April 2024. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi dan memperoleh layanan penukaran uang pada kas keliling dapat mengakses website www.pintar.bi.go.id,” jelasnya. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer