Produk Roti Siswa SMKN 1 Sakra Berhasil Tembus Ritel Modern

Lombok Timur (Inside Lombok) – Produk roti dari jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) SMKN 1 Sakra berhasil dipasarkan ke sejumlah ritel modern yang ada di Lombok Timur (Lotim).

Kepala SMKN 1 Sakra, Ahmad Suhamka mengatakan, produksi roti hasil karya siswa-siswi tersebut sudah mampu masuk dan bersaing di pasaran dengan roti hasil produksi UMKM maupun pabrikan. Menurutnya, produksi siswa-siswi tersebut jadi yang pertama masuk ke pasaran dibanding dengan sekolah lainnya di Lotim.

“Itu yang membedakan kita dari sekolah lainnya,” ucapnya saat ditemui Inside Lombok di SMKN 1 Sakra, Senin (15/03/2021).

Menurutnya, hasil produksi para siswi tersebut tidak kalah kualitasnya dengan hasil produksi pabrikan. Dikatakannya, ratusan roti dari 10 jenis roti yang diproduksi para siswa setiap harinya selalu habis dipesan oleh para ritel modern.

“Selain ke ritel modern, kita juga memasarkan roti siswa itu ke RSUD,” ujarnya.

Roti produksi siswa-siswi jurusan APHP tersebut memiliki berbagai varian. Untuk harga sendiri dari Rp5000 sampai dengan Rp10.000. Tentu harga tersebut sesuai dengan ukuran roti yang besar dan juga rasa dengan berbagai varian.

Dikatakan Ahmad, dalam mengembangkan ilmu yang dimiliki para siswa-siswi, pihak sekolah akan memfasilitasi para siswa-siswi dengan peminjaman modal tanpa bunga. Sehingga, para siswa-siswi nantinya bisa mengembangkan usahanya sendiri dengan bekal ilmu yang mereka dapatkan di sekolah.

“Kita akan dukung penuh para siswa-siswi ini dalam mengembangkan potensi mereka,” imbuhnya.