27.5 C
Mataram
Sabtu, 20 April 2024
BerandaLombok BaratDukcapil Lobar Kejar Target Perekaman 20 Ribu Pemilih Pemula Sebelum Pemilu

Dukcapil Lobar Kejar Target Perekaman 20 Ribu Pemilih Pemula Sebelum Pemilu

Lombok Barat (Inside Lombok) – Dinas Dukcapil Lobar harus melakukan perekaman e-KTP terhadap kurang lebih 20 ribu orang pemilih pemula sebelum pemilu di Februari 2024 mendatang. Percepatan perekaman itu harus dilakukan di tengah keterbatasan alat hingga anggaran untuk mobilisasi.

Salah satu kesulitan adalah tim Dinas Dukcapil Lobar harus dapat menjangkau lokasi yang ada di pelosok Lobar yang jaraknya cukup jauh. “Karena ada penambahan target untuk Pilkada 2024. Jadi masih banyak (perekaman yang harus dilakukan) lebih dari 20 ribuan,” ungkap Kadis Dukcapil Lobar, Saepul Akhkam, Jumat (10/11/2023).

Guna menyiasati hal itu, pihaknya pun membagi tim untuk turun melakukan perekaman ke sekolah-sekolah dan desa yang ada di Lobar. “Kami optimis (perekaman tuntas sebelum Pemilu) jika tidak ada hambatan peralatan. Karena kondisi alat yang saat ini juga kurang dan anggaran untuk mobilisasi,” tuturnya.

Mulai Desember mendatang, pihaknya akan membagi personelnya dalam lima tim. Untuk sekolah dengan jumlah siswa yang besar, ia akan menerjunkan dua tim sekaligus. Kemudian pelayanan di UPT juga akan diarahkan ke kantor camat setempat.

- Advertisement -

Diakui, saat ini pihaknya harus mengejar kuantitas perekaman. Bahkan tak jarang para petugas bekerja hingga malam hari. “Insyaallah target yang dibebankan pusat bisa kita penuhi sebelum Februari 2024 pas pemilu,” pungkas Akhkam. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer