Akhir Tahun, Pemprov Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Tidak Naik

Mataram (Inside Lombok) – Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Selly Andayani, mengatakan meskipun saat ini warga sedang maraknya memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, namun dapat dipastikan tidak ada kenaikan harga kebutuhan pokok.

Saat ini (26/11), harga daging ayam di Pasar Pagesangan sekitar Rp 36.000 per kilogram, sebelumnya harga lebih tinggi yaitu Rp 38.000 per kilogram.

Kemudian harga daging sapi untuk Pasar Kebon Roek seharga Rp 115.000 per kilogram, sedangkan di Pasar Pagesangan dan di Pasar Mandalika seharga Rp 110.000 per kilogram.

“Saat ini kita konsentrasi untuk menjaga harga karena 1 bulan ini kita Maulid, jangan sampai pengendalian inflasinya jadi kedodoran,” sahut Selly, Senin (26/11/2018).

Semantara itu, harga cabai merah saat ini naik seharga Rp 20.000 per kilogram dibandingkan sebelumnya yaitu Rp 18.000 per kilogram. Menurutnya kenaikan ini tidak menjadi permasalahan mengingat tahun lalu harga cabai merah menembus harga Rp 130.000 per kilogram.

Cabai rawit juga saat ini seharga Rp 20.000 per kilogram. Harga beras medium yaitu Rp 10.000 per kilogram dan beras premium hari ini seharga Rp 11.000 per kilogram, serta yang termurah harga beras sekitar Rp 9.000 per kilogram.

“Yang kita khawatirkan ternyata tidak ada kenaikan padahal sekarang lagi Maulid. Sekarang kita tidak perlu khawatir naiknya harga dengan Maulid, Natal, atau tahun baru,” jelas Selly.

Ia menegaskan bahwa turunnya harga tersebut dipengaruhi karena efek gempa bulan lalu dan banyak masjid-masjid yang masih dalam tahap rekonstruksi sehingga perayaan Maulid Nabi tidak semeriah tahun sebelumnya.

Mengenai persediaan stok barang pokok juga dinilai aman oleh Selly sendiri meskipun beberapa komoditas mengalami penurunan harga.

“Persediaan masih aman sekali, kalau harga seperti ini berarti ketersediaan stok aman,” ujarnya. (IL4)