Gubernur NTB Resmikan Hotel Lombok Vaganza

Mataram (Inside Lombok) – Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) telah meresmikan city hotel naungannya yakni Lombok Vaganza Hotel and Convention melalui Soft Opening yang dihadiri langsung oleh Gubernur Provinsi NTB, Zulkieflimansyah, Sabtu siang (24/11/2018) pukul 12.00 WITA.

Hotel yang mempunyai fasilitas bintang 3 ini berlokasi dampingan dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram. Memiliki fasilitas kamar sebanyak 20 ruang dengan luas keseluruhan yaitu 40 are.

Menurut General Manager Lombok Vaganza Hotel, Key Amelia, keunggulan yang dimiliki Hotel Lombok Vaganza ini ialah Ballroom di hotel yang memiliki kapasitas 900 orang terbilang sangat luas sesuai dengan standar MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

Lombok Vaganza Hotel memiliki konsep one stop shopping yang menyiapkan pilihan untuk melaksanakan event, bisnis atau leisure seperti tersedianya juga event organizer, multimedia, travel agent, catering, dan gedung. Keunggulan hotel ini juga ada menyediakan banyak pilihan tempat untuk kegiatan baik di indoor maupun outdoor.

“Itulah yang menjadi perbedaan kita dengan city hotel lainnya, di sini ada parkir yang sangat besar, basement, dan karena parkir luar yang sangat luas, hotel ini bisa mengadakan outdoor event seperti garden party dan sebagainya,” jelas Key, Sabtu (24/11/2018).

Selain itu, keunggulan dari hotel ini ialah harganya yang murah. Untuk saat ini, sasaran tamu adalah wisatawan domestik khususnya pelaksanaan kegiatan seperti acara dinas, convention mice, dan berbagai pertemuan.

Namun, Key menerangkan bahwa hotel ini masih belum membuka restoran karena masih dalam proses konstruksi. Membutuhkan sekitar 6 bulan kemudian untuk beroperasi.

“Restoran kita masih belum public restoran karena masih under construction. Nanti pembukaan restoran akan sekaligus digelar bersamaan dengan Grand Opening yang masih membutuhkan 6 bulan lagi,” jelasnya

Penjualan akan dimulai tanggal 1 Desember 2018. Pihak hotel akan memberi diskon 20 persen bagi yang ingin booking pada tanggal 24 November ini sampai 24 Desember 2018 mendatang untuk semua jenis produk termasuk wedding, event dan lainnya.

Saat ini ada sekitar 15 orang yang bekerja di luar staff Housekeeping dan Front Office (FO). Key mengatakan bahwa pihak hotel menempatkan mahasiswa magang dari STP di luar pekerjaan sebagai Housekeeping dan FO.

“Karena orang yang sekolah di pariwisata kerja di hotel nanti output-nya akan berbeda dengan calon pegawai lainnya. Jadi ingin menekankan juga bahwa pendidikan itu penting, khususnya bagi pendidikan dengan penjurusan tertentu,” terang Key.

Pihak Lombok Vaganza Hotel ingin turut ikut andil untuk mempersiapkan human resource yang baik dalam sektor pariwisata agar dapat mewujudkan semangat NTB bangkit kembali.

Hotel ini juga sudah tergabung dalam berbagai asosiasi, yakni Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB, Indonesian Congress and Convention Association (INCCA) NTB, Indonesian Chef Association (ICA), Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA), dan asosiasi lainnya.

Gubernur Provinsi NTB, Zulkieflimansyah, turut menyampaikan sambutan pada acara Soft Opening Lombok Vaganza Hotel ini. Ia memaparkan pesan singkat atas pembukaan hotel baru tersebut.

“Bisa membantu NTB bangkit dalam industri pariwisata untuk membuka lapangan kerja baru dan mengurangi kemiskinan. Kami mengajak masyarakat Indonesia untuk datang ke LOP karena Lombok sudah aman,” ujar Zul. (IL4)