Belum Ada Kepastian TK/PAUD di Lotim Akan Dibuka

Kondisi Paud yang belum melaksanakan KBM tatap muka di sekolah, Kamis (08/04/2021). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Aktivitas belajar mengajar secara tatap muka di sekolah jenjang TK/PAUD di Kabupaten Lombok Timur sampai saat ini belum ada kepastian. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lotim belum memberikan pengarahan terkait belajar tatap muka jenjang TK/PAUD.

Kepala Dikbud Lotim, Ahmad Dewanto Hadi mengatakan sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan terkait kapan akan dibuka kembali sekolah jenjang TK/Paud di Lotim. Hal tersebut disebabkab pihaknya harus memastikan kondisi pandemi dan juga setelah simulasi sekolah jenjang SD dan SMP berakhir.

“Kita mengacu pada SE (Surat Edaran) Empat Menteri terkait sekuen waktu, di mana kita lebih dulu membuka sekolah mulai dari jenjang tinggi yaitu SMA, SMP dan kemudian disusul oleh SD,” ucapnya kepada awak media, Kamis (08/04/2021).

Dewanto belum bisa menyimpulkan kapan akan membuka sekolah jenjang TK/Paud kembali. Dikatakannya, pihaknya akan melihat kesiapan dari pihak sekolah terlebih dahulu.

“Kita tunggu momen yang tepat untuk membuka sekolah, kemungkinan kita akan mulai buka nanti bertepatan dengan tahun ajaran baru,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang guru Paud yang berada di Desa Aik Dewa, Nur’aini mengatakan meskipun sekolah belum dibuka, akan tetapi ia bersama guru lainnya tetap mengajar para siswa. Yaitu melalui daring maupun secara tatap muka secara terbatas dengan mengunjungi para siswa.

“Kita minta siswa kumpul dengan jumlah terbatas serta tetap menerapkan protokol kesehatan supaya pembelajaran bagi siswa Paud bisa lebih efektif,” jelasnya.