Disperkim Akan Pasang Ornamen Lampu Hias di Jembatan Pejeruk-Banjar

Jembatan penghubung di Pejeruk Abian, Ampenan dengan Banjar atau dikenal "Repok Bebek" Kelurahan Dasan Agung Baru, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat akan dilengkapi ornamen lampu hias. (Inside Lombok/ANTARA/Nirkomala)

Mataram (Inside Lombok) – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan memasang ornamen lampu hias di Jembatan penghubung Pejeruk Abian, Ampenan dengan Banjar atau dikenal “Repok Bebek” Kelurahan Dasan Agung Baru.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Mataram HM Kemal Islam di Mataram, Selasa, mengatakan, ornamen lampu hias tersebut direncanakan pada semester kedua tahun 2020.

“Anggaran pemasangan ornamen lampu hias kami usulkan di APBD perubahan 2020, sebesar Rp200 juta,” katanya.

Menurutnya, anggaran sebesar Rp200 juta tersebut hanya untuk pemasangan ornamen lampu penerang di masing-masing ujung jembatan seperti Jembatan Dasan Agung, dan pemasangan ornamen lampu hias pada bagian atas jembatan.

“Dengan anggaran Rp200 juta itu, memang belum bisa memasang ornamen lampu sesuai dengan yang kita harapkan. Karenanya, pemasangan aksesori lampu kita sempurnakan di tahun 2021 melalui usulan anggaran murni,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram Miftahurrahman sebelumnya, mengatakan, jembatan itu sudah dimanfaatkan oleh warga sekitar.

“Antusias masyarakat memanfaatkan jembatan itu cukup tinggi, hal itu terlihat begitu jembatan rampung warga langsung memanfaatkan jembatan untuk berbagai aktivitas mereka,” katanya.

Bahkan, lanjutnya, tidak sedikit warga yang menyebutkan jembatan itu bisa menjadi objek wisata dan rekreasi baru masyarakat. Apalagi, jembatan ini terintegrasi dengan Taman Bako (bawah kokok) yang Pejeruk Abian.

Miftahurrahman menyebutkan, beberapa fasilitas pendukung yang baru selesai dibangun dengan anggaran Rp190 juta itu adalah, tangga, bronjong, reli jembatan dan ornamen bagian atas jembatan. Pasalnya, jembatan itu mengambil konsep seperti halnya jembatan di Sungai Ciliwung, Jakarta.

“Bagian atasnya dipasangkan aksesori seperti pipa-pipa melingkar, yang ke depannya akan dilengkapi ornamen lampu hias agar terlihat lebih menarik pada malam hari oleh Disperkim,” katanya. (Ant)