31.5 C
Mataram
Jumat, 14 Juni 2024
BerandaBerita UtamaGerakan “Nol Sampah” di Setiap Event di NTB

Gerakan “Nol Sampah” di Setiap Event di NTB

Mataram (Inside Lombok) – Penyelenggaraan setiap event di NTB diharapkan tidak menambah tumpukan sampah di NTB, terutama dengan kesadaran pihak penyelenggara event untuk menangani secara mandiri sampah yang dihasilkan setiap kegiatan. Semangat tersebut kemudian memunculkan gerakan nol sampah di setiap event yang diusung Asosiasi Penyelenggara Kegiatan Nusa Tenggara Barat (ASPPEK) NTB yang berkolaborasi dengan beberapa stakeholders terkait.

Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalillah mendukung penuh gerakan nol sampah di setiap event yang diselenggarakan di NTB tersebut. Pesan itu pun disampaikannya saat menghadiri Kegiatan Hortikultura Urban Fest X KINGSMAKER di Lapangan Sangkareang, Mataram, Sabtu (18/11) kemarin.

“Apresiasi kepada ASPPEK, karena telah melakukan satu hal untuk menjaga kelestarian di NTB,” ujarnya. Ummi Rohmi, panggilan akrab Wagub, menjelaskan kegiatan ini juga merupakan gerakan peduli kebersihan dan mendukung program zero waste yang telah dikampanyekan Pemprov NTB beberapa tahun terakhir.

Wagub berharap langkah ini dapat dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat di NTB. Sehingga setiap event yang digelar di NTB tidak lagi menjadi penyumbang sampah. Terlebih NTB saat ini menjadi tuan rumah berbagai event, baik skala lokal, nasional hingga internasional.

- Advertisement -

“Melalui deklarasi ini mudah-mudahan dapat menular kepada seluruh elemen masyarakat di NTB. Mari tingkatkan kolaborasi agar deklarasi ini dapat terwujud di seluruh NTB,” tutupnya.

Ketua Panitia Hortikultura Urban Fest X KINGSMAKER, Agus Panca turut menyampaikan gerakan event nol sampah NTB memberi perhatian pada event-event yang belakangan digelar di Lombok. Terutama dengan potensi sampah yang dihasilkan cukup banyak.

Pihaknya pun berharap seluruh penyelenggara acara yang membuat event di NTB ke depan dapat mengakomodir secara mandiri sampah mereka pasca-event. Sehingga kebersihan dan kelestarian lingkungan juga dapat dijaga dengan upaya bersama.

“Semoga dengan apa yang telah kami lakukan dapat membantu mewujudkan program zero waste yang dicanangkan oleh Pemprov NTB. Terima kasih kepada Ibu Wagub yang secara langsung membersamai kami dalam deklarasi ini,” ucapnya. (r)

- Advertisement -

Berita Populer