H-3 Lebaran, Pasar Tradisional dan Ritel Modern Diserbu Pengunjung

Lombok Timur (Inside Lombok) – Menjelang lebaran, pasar tradisional maupun ritel modern selalu ramai diserbu masyarakat untuk mencari kebutuhan pada hari raya Idul Fitri. Meskipun masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, namun antusias pengunjung sangat tinggi.

Seperti hasil pemantauan Inside Lombok di Pasar Tradisional Masbagik, sejak H-7 lebaran pasar tradisional tersebut sudah ramai dikunjungi masyarakat untuk mencari bahan pokok. Terlebih saat memasuki H-3 lebaran antusiasme pengunjung semakin tinggi untuk mencari kebutuhan lebaran.

“Antusiasme masyarakat yang begitu tinggi membuat pasar tahun ini kembali ramai meskipun tidak seramai tahun sebelum Pandemi muncul,” kata Wakil Kepala Pasar Masbagik Sofiyanto, di ruangannya, Senin (10/05/2021).

Dikatakan Sofiyanto, imbauan tentang prokes di pasar seperti menggunakan masker selalu pihaknya sampaikan kepada pengunjung maupun pedagang di pasar melalui pengeras suara. Tak jarang juga pihaknya turun ke lapangan mengimbau pengunjung untuk selalu menggunakan masker.

“Kami juga sebagai pengurus pasar berkeliling menggunakan megaphone untuk mengimbau pengunjung,” jelasnya.

Namun antusiasme yang tinggi dari pengunjung membuat pengurus pasar kewalahan, meskipun pengamanannya dibantu oleh pemuda sekitar, polmas, babinsa, dan juga dishub.

Tak hanya pasar tradisional, ritel modern juga saat ini semakin banyak diburu pengunjung untuk mencari pernak pernik lebaran seperti pakaian baru. Seperti pemantauan Inside Lombok di lapangan, beberapa ritel modern di Lotim sudah sesak oleh kepadatan pengunjung.

Meskipun ritel modern hanya memiliki satu pintu keluar masuk dan lebih mudah menerapkan prokes seperti pembatasan pengunjung, akan tetapi antusiasme pengunjung ritel modern juga sesak oleh pengunjung.