Mantan Presiden AS George Bush Meninggal Dunia

(Sumber foto: time.com)

Mataram (Inside Lombok) – Mantan Presiden Amerika Serikat ke-41 sekaligus veteran Perang Dunia II. George Herbert Walker dikabarkan meninggal dunia hari Jumat (30/11/12) malam waktu setempat di Houston.

George Herbert Walker atau sering disebut George Bush meninggal pada usia ke-94 tahun. Ia menjabat sebagai Presiden AS pada tahun 1989 hingga 1993.

Kabar meninggalnya Bush pertama kali disampaikan oleh pihak keluarga Jim McGrath selaku juru bicara yang mengatakan pemakanan belum dijadwalkan. Sang putra George W Bush yang juga mantan Presiden AS ikut mengumumkan langsung kabar tersebut.

Hingga kabar ini disampaikan belum diketahui penyebab kematian mantan orang nomor satu yang terkenal berkat kemenangan koalisi atas Irak di Kuawit ini. Bush memang berperan penting dalam membangun koalisi militer internasional yang memaksa Saddam Hussein dari Kuwait keluar dari Irak.

Hanya saja, George Bush beberapa kali dilaporkan mengalami penurunan kesehatan, Bush terlihat bolak balik hingga dirawat di rumah sakit.

Bahkan sehari setelah pemakaman istrinya, Barbara Bush (17/04/18) terlihat Bush dibawa ke rumah sakit Houston Methodist Hospital karena infeksi darah. Dilansir dari CNBCIndonesia

Presiden Amerika Serikat saat ini, Donald Trump juga turut berbelasungkawa atas kabar tersebut. Dalam pernyataannya, Trump mengapresiasi kejujuran, kecerdasan, dan komitmen Bush yang tak tergoyahkan bagi kepercayaan, keluarga, dan agamanya, dilansir dari Reuters.

“Ia telah menginspirasi generasi Amerika hingga petugas pelayanan publik untuk menjadi apa yang ia sebut, ‘ribuan cahaya’ yang menyinari kehebatan, harapan, dan kesempatan Amerika kepada dunia,” tambah Trump mengenang sosok Bush.

Menurut pernyataan Trump dari Gedung Putih, seperti yang dilansir dari CNBC Internasional bahwa George Bush telah membimbing Amerika Serikat dan dunia menuju akhir Perang Dingin yang adil dan penuh kemenangan.

“Sebagai presiden, ia membangun tahapan bagi beberapa dekade kemakmuran yang kemudian terjadi setelahnya,” imbuhnya.

Diketahui, setelah keluar secara terhormat dari angkatan laut AS pada tahun 1945, Bush menikahi Barbara Pierce yang berusia 18 tahun. Pernikahan mereka berlangsung selama 73 tahun dan memiliki enam anak bersama.

Ia meninggalkan lima anak dan pasangan mereka, 17 cucu, delapan cicit, dan dua saudara kandung. (IL6)