Pasar Ikan dan Wisata Loang Baloq Ditutup Selama Event IronMan 70.3 Lombok

165
Pasar ikan tutup selama event internasional Ironman 70.3 Lombok (Inside Lombok/Devi)

Mataram (Inside Lombok) – Sejumlah lokasi yang dilintasi peserta Ironman 70.3 Lombok pada 8 Oktober 2022 mendatang akan ditutup sementara. Salah satunya Pasar Ikan Ampenan dan Taman Wisata serta Makam Loang Baloq di Kota Mataram. Mengingat event olahraga internasional itu juga dilaksanakan bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Rekayasa lalu lintas (lalin) Ironman 70.3 Lombok pun sudah disiapkan dan disosialisasikan kepada masyarakat. Mulai Jumat (7/10) besok akan dilakukan percobaan untuk rekayasa lalin tersebut.

“Kesepakatan Pasar Ikan pada hari itu tutup, tidak ada aktivitas, Asosiasi atau perkumpulan cidomo tidak beraktivitas sesuai surat pernyataan. Pengelola Taman Pemakaman Loang Baloq akan membuka akses di atas jam 12, begitu juga di pantainya,” ungkap Dirlantas Polda NTB, Kombes Pol Djoni Widodo, Kamis (6/10).

Penutupan sementara beberapa lokasi tersebut sebagai antisipasi terjadinya kemacetan di kawasan tersebut. Mengingat aktivitasnya cukup pada ketika beroperasional. Terutama di kawasan taman pemakaman dan pantai Loang Baloq pada saat Sabtu (8/10) mendatang. Karena bertepatan dengan hari Maulid Nabi yang mana biasanya banyak wisatawan atau masyarakat berziarah ke makam pada saat itu.

“Makanya sosialisasi terus, seperti di Taman Pemakaman Loang Baloq itu mereka mendukung dengan event ini, dan dia akan membuka ziarah kubur di atas jam 12 siang, begitu juga di pantainya,” jelasnya.

Pengaturan aktivitas juga dilakukan untuk wilayah Senggigi. Asosiasi Perhotelan dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB maupun Asosiasi Hotel Senggigi (AHS) sudah membuat pernyataan untuk mendukung event Ironman 70.3 Lombok.

“Sehingga tamu-tamu hotel yang akan cek out untuk tanggal 8 tersebut, nanti akan cek out mendahului (kegiatan event, Red) sudah ada surat pernyataan. Jadi dari PHRI menjamin tidak ada masalah,” terangnya.

Dalam event Ironman ini ada tiga kegiatan, yakni pertama berenang dengan jarak 1,9 kilometer (km), kemudian bersepeda 91 km dan lari dengan jarak 21 km. Untuk sesi bersepeda peserta akan memulai dari Holiday Resort Lombok Barat hingga Batujai Lombok Tengah, sementara untuk lomba lari dan berenang berpusat di wilayah Senggigi Lombok Barat.

Setelah melewati Jembatan Meninting peserta akan diterima oleh Polresta Mataram. Kemudian melewati pasar ikan dan masuk ke Pasar ACC Ampenan, dari pengelola pasar pun juga sudah mendukung event ini dengan mengalihkan jalur untuk ke pasar.

“Kita siapkan jalur alternatif di depan Pasar ACC itu ada jalur ester, masyarakat yang akan ke pasar ACC bisa juga ke pasar. Nanti tidak melewati jalur yang simpang Ampenan itu tapi lewat ke jalur ester,” jelasnya.

Setelah itu diterima sampai pertigaan brimob lurus menuju ke Loang Baloq di depan itu jalan akan terbelah dua. Nanti untuk pembalap mengambil sisi kanan baik yang berangkat maupun pulang. Sisi kiri akan dilakukan contra flow kendaraan dari bundaran Jempong atau kendaraan dari Loang Baloq ke bundaran Jempong.

Masuk ke Tembolaq Mataram peserta akan menggunakan jalur cepat bypass, kemudian sampai bundaran GMS (Giri Menang Square) langsung melanjutkan ke Labulia menuju ke Batujai Lombok Tengah. Untuk jalur lambat di bypass sendiri dapat digunakan para pengendara yang berangkat ke arah bandara.

“Kalau kendaraan dari bundaran Jempong menuju ke Loang Baloq setelah jembatan itu belok kanan nanti tembusannya ke Seruni. Tidak lurus sampai dengan pertigaan brimob,” terangnya. Disebutkan semua pihak sudah menyetujui untuk mendukung gelaran event Ironman 70.3 Lombok ini. Untuk terus dilakukan sosialisasi agar masyarakat juga ikut mendukung perhelatannya. (dpi)