Pemkot Mataram Mendapatkan Predikat WTP Enam Kali Berturut-turut

Walikota Mataram H Ahyar Abduh menerima piagam penghargaan dan plakat. (Inside Lombok/Istimewa dari Diskominfo Mataram)

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Kota Mataram menerima piagam penghargaan dan plakat atas laporan keuangan pengelolaan keuangan negara dengan pencapaian opini tertinggi yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Piagam penghargaan dan plakat diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi NTB di Kantor Wali Kota Mataram, Rabu (21/10/2020).

Dalam sambutannya Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi NTB Syarwan mengatakan Kota Mataram sudah mendapatkan WTP sebanyak 6 kali berturut-turut.

“Itu artinya kalau sudah mendapatkan 5 kali akan mendapatkan piagam penghargaan dan plakat” Sambungnya

Dijelaskannya, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi setinggi-tingginya atas sinergi yang kuat kepada OPD dan BPKAD serta semua unsur dalam mengelola keuangan dengan baik.

Lebih lanjut Syarwan mengatakan WTP sangat dibutuhkan oleh Pemerintah, dengan mendaptakan predikat WTP artinya pemerintah daerah sudah patuh dengan ketentuan-ketentuan maupun aturan-aturan yang ada.

“Kalau sudah mendapatkan predikat WTP sudah menggambarkan pengelolaan keuangan di Pemda sudah sangat baik, sehingga masyarakat maupun investor percaya dengan pemerintah untuk berinvestasi” ujarnya.

Terakhir, Syarwan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, dengan mendapatkan predikat WTP pemerintah daerah sudah berkontribusi untuk membantu pemerintah pusat untuk mengelola keuangan dengan baik.

Sementara itu Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh dalam sambutannya menyampaikan penghargaan ini merupakan apresiasi yang sangat membanggakan bagi Pemerintah Kota Mataram.

Dikatakan Wali Kota jajaran Pemkot Mataram menyampaikan terima kasih kepada semua stakeholder atas bimbingan dan arahan, pengawalan maupun dari Kanwil, BPK termasuk dari stakeholder Universitas Mataram dan pihak-pihak lainnya sinergi dan bantuannya selama ini sehingga Pemkot Mataram bisa mendapatkan WTP sebanyak 6 kali berturut-turut.

“Kebanggan ini harus kita syukuri atas kinerja yang telah kita capai, ini merupakan pencapaian tertinggi dalam bidang pengelolaan keuangan, dan ini merupakan tangggung jawab yang besar yang harus bisa kita pertahankan” Sambungnya

Di akhir penyampaiannya Wali Kota mengatakan apabila terjadi pergeseran dari WTP maka akan terjadi kehilangan kepercayaan terhadap masyarakat.

Maka dari itu dengan berbagai upaya kerja keras dilakukan Kota Mataram untuk mempertahankan gelar WTP ini sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.