Rekrutmen Marshal MXGP Segera Dibuka

67
Ketua IMI Provinsi NTB, dr. Lalu Herman Mahaputra. (Inside Lombok/ist)

Mataram (Inside Lombok) – Ratusan marshal akan direkrut untuk event MXGP di Samota, Kabupaten Sumbawa. Rekrutmen tim marshal ini akan ditangani oleh Ikan Motor Indonesia (IMI) Provinsi NTB bersama Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sumbawa.

Ketua IMI Provinsi NTB, dr. Lalu Herman Mahaputra mengatakan jumlah marshal yang dibutuhkan untuk event MXGP yaitu sebanyak 120 orang. Dalam rekrutmen tim marshal ini, IMI NTB akan melibatkan klub motor yang ada.

“Bulan puasa ini kita bergerak. Kita akan butuhkan 120 marshal tapi kita akan rekrut sekitar 200 dan akan diambil alih oleh IMI. Akan melibatkan semua klub melalui Disnaker Kabupaten Sumbawa sana. Pendaftaran kita isi dengan orang-orang klub,” katanya, Selasa (12/4) di Mataram.

dr. Jack, sapaan akrabnya, menerangkan keterlibatan klub dalam event MotoGP ini karena dinilai bisa mengerti penyelenggaraan event. Karena dikhawatirkan, jika melibatkan orang-orang yang kurang hobi dengan event maka tidak akan bekerja maksimal.

“Cuma memang kalau kita paksakan orang awam itu tidak akan betah. Kecuali anak-anak klub karena memang hobi. Dia mau event itu dari pagi sampai malam diladeni. Kalau awan ya enggak betah,” ucapnya.

Ditambahkannya, pada MXGP juga akan melibatkan marshal pada saat event MotoGP Maret lalu. Dalam rekrutmen tim marshal ini, keterlibatan masyarakat lokal akan menjadi prioritas.

“Kita ambil marshal yang kemarin di MotoGP dan kolaborasi dengan lokal. bulan puasa ini rekrutmennya. harus cepat,” kata ketua IMI NTB.

Perbandingan keterlibatan masyarakat lokal yaitu sebesar satu banding tiga. Keterlibatan masyarakat lokal ini agar event yang digelar bisa dirasakan dampaknya secara langsung.

“Lokal paling banyak. termasuk nakes ini rasionya paling banyak di Sumbawa 1:3. Pertimbangan transportasi dan biaya juga,” ungkapnya.

Sementara untuk pelatihan marshal diungkapkannya tidak terlalu lama yaitu sekitar dua hari. Untuk pelatihan tim marshal ini, IMI NTB akan bersurat kepada IMI Pusat agar mengirim pelatihnya.

“Pelatihannya sebentar. IMI NTB akan bersurat ke IMI pusat untuk mengirim pelatihnya dua tiga hari selesai. Marshal MotoGP dan MXGP sama,” pungkasnya. (azm)