Stok Belum Tersedia, Capaian Vaksinasi Covid-19 Booster Kedua untuk Nakes Masih Nihil

29
Ilustrasi vaksin covid-19 (Image source : Halodoc)

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Kota Mataram belum bisa melakukan vaksin booster dosis kedua bagi para tenaga kesehatan (nakes). Pasalnya, vaksin jenis Moderna belum tersedia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr. Usman Hadi mengatakan vaksin untuk dosis keempat atau booster kedua ini belum tersedia di NTB. Karena untuk pemilihan jenis vaksin yang digunakan sebagai booster kedua yaitu berdasarkan jenis vaksin pada tahap pertama.

“Yang pertama nakes itu pake moderna, dan yang booster kedua ini pakai moderna juga. Saat ini moderna belum ada di Provinsi NTB,” katanya kepada media, Rabu (3/8) di Mataram.

Ia mengatakan, belum tersedianya vaksin Moderna saat ini berdampak pada capaian pelayanan vaksin untuk tenaga kesehatan di Kota Mataram. Karena saat ini belum ada tenaga kesehatan yang divaksin dosis keempat.

Jika vaksin sudah tersedia, maka pelayanan vaksin dosis keempat untuk tenaga kesehatan akan segera dilaksanakan. “Saya baca tadi itu di media ada 50 dosis di Provinsi, makanya baru mencanangkan saja. Kalau kami belum kick off karena belum ada Moderna kok,” ujarnya.

Untuk kesiapan nakes sendiri, Usman mengatakan, sudah siap jika vaksin ada. Karena berdasarkan ketentuan yang berlaku, vaksin yang digunakan harus jenis moderna. ” Semua ada (gejala, Red), meriang dan sebagainya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pemberian vaksin booster atau dosis keempat kepada nakes ini untuk menguatkan imunitas pada masa pandemi Covid-19 ini. (azm)