25.5 C
Mataram
Sabtu, 13 April 2024
BerandaDaerahJelang Ramadan, Warga Turida Cuci Karpet Sampai ke Lombok Barat

Jelang Ramadan, Warga Turida Cuci Karpet Sampai ke Lombok Barat

Mataram (Inside Lombok) – Memasuki bulan suci Ramadan, masyarakat biasa mulai membersihkan lingkungan terutama masjid dan musala. Salah satunya warga di Kelurahan Turida yang rutin mencuci karpet musala jelang Ramadan.

Muhammad Fauzi warga Lingkungan Turida Barat kelurahan Turida Sandubaya mengatakan tradisi cuci karpet ini sudah berlangsung sejak lama. Untuk menyambut bulan yang suci Ramadan, tempat ibadah dan fasilitas ibadah lainnya dibersihkan. “Kita gotong royong sama masyarakat disini. Setelah masuk puasa kan semua rapi dan bersih,” katanya, Rabu (6/3) siang.

Misalnya kata Fauzi, pekan ini sudah mulai membersihkan musala yang ada di lingkungannya. Selain membersihkan kawasan musala, karpet-karpet yang ada juga dicuci oleh masyarakat terutama anak-anak muda setempat.

“Ini biasa kita lakukan setiap jelang Ramadan. Kita bersih-bersih supaya pada saat Ramadan tiba kita enak melaksanakan shalat tarawih karena semua bersih,” katanya.

- Advertisement -

Dijelaskan, pencucian karpet ini sengaja dilakukan beberapa hari sebelum pelaksanaan ibadah puasa Ramadan. Karena melihat cuaca saat ini yang turun hujan sehingga dikhawatirkan tidak bisa kering dalam sehari.

“Ini jauh hari sebelum puasa kita cuci. Karena musim hujan ini takutnya tidak bisa kering dalam sehari,” katanya.

Lokasi mencuci karpet biasanya ke sungai besar terutama yang ada di Lombok Barat. Karena selain lokasi yang luas dengan air yang mengalir memudahkan proses mencuci karpet. Warga tinggal merendam karpet berbagai ukuran kemudian digosok dengan sabun. Setelah bersih, karpet dijemur di lokasi. Ada juga yang langsung dibawa pulang untuk dijemur di tempat masing-masing.

“Biasanya kita cuci di Ranget namanya itu ada di Lombok Barat. Ranget itu sungai besar dan orang-orang juga biasanya mandi disana. Selain airnya yang jernih, lokasinya juga bisa sambil santai. Kalau Kita jemur dulu disini sebentar. Karena kita juga mandi dan setelah setengah kering kita jemur kembali di rumah,” katanya.

Berharap tahun ini bisa melaksanakan ibadah puasa Ramadan dengan sehat dan lancar. “Tahun ini bisa lancar kita semog sehat selalu,” tutupnya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer