25.5 C
Mataram
Sabtu, 13 April 2024
BerandaPeristiwaPaus Putih yang Terdampar di Pringgabaya Berhasil Dievakuasi ke Tengah Laut

Paus Putih yang Terdampar di Pringgabaya Berhasil Dievakuasi ke Tengah Laut

Lombok Timur (Inside Lombok) – Paus putih sepanjang 15 meter yang terdampar di pantai Dusun Bangbangan, Desa Pringgabaya Utara, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur akhirnya berhasil dievakuasi ke tengah laut. Warga bersama pihak terkait mengevakuasi paus yang diperkirakan mencapai berat 10 ton itu dengan alat sederhana.

Kapolsek Pringgabaya, AKP Suyono mengatakan paus putih itu sebelumnya ditemukan terdampar pada Rabu (06/03) sekitar pukul 01.00 Wita oleh para nelayan setempat. Hal itu pun sempat menghebohkan warga sekitar.

Paus putih itu didapati terdampar di kedalaman 1 meter dan sejauh 15 meter dari bibir pantai. Anggota kepolisian dari Polsek Pringgabaya sendiri telah melakukan pengamanan terhadap paus putih tersebut, terlebih ada beberapa oknum yang mengatakan agar paus tersebut disembelih dan dagingnya dibagi-bagikan.

“Ada yang bilang mau tampah paus putih itu, makanya kita lakukan pengamanan sembari melakukan evakuasi,” katanya. Paus putih itu sendiri akhirnya berhasil dievakuasi pagi tadi ke tengah laut dengan alat sederhana, di mana lima anggota Polsek Pringgabaya bersama dengan warga melakukan evakuasi bersama dengan mendorong dan menarik ekornya menggunakan sampan.

- Advertisement -

“Sudah kita bawa ke laut lepas tadi dengan cara bersama-sama dengan warga, ada yang mendorong dan menarik ekornya dari tengah laut menggunakan sampan,” tuturnya. Mamalia itu pun kini tengah kembali ke tengah lautan untuk hidup di habitatnya. Sementara situasi di sekitar lokasi penemuan sudah kondusif dan aman terkendali. “Kini paus putih itu sudah sampai ke laut Australia mungkin,” guraunya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer