Jelang Festival Bau Nyale, Dispar NTB Khawatir Harga Tiket Pesawat

Konferensi Pers Festival Pesona Bau Nyale di Dispar NTB, Senin (11/02/2019) (Inside Lombok/Bayu Pratama)

Mataram (Inside Lombok) – Dinas Pariwisata (Dispar) Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar Festival Pesona Bau Nyale pada 17 – 25 Februari 2019 mendatang. Dispar NTB menargetkan 3.000 wisatawan yang akan menghadiri festival tersebut.

Untuk memenuhi target tersebut, Dispar NTB telah bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita), Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD). Satu hal yang dikhawatirkan akan mengurangi jumlah pengunjung adalah mahalnya harga tiket pesawat serta bagasi pesawat yang kini berbayar.

“Hampir di semua daerah pembatalan pesawat itu sampai 40%. Walaupun Januari tahun lalu itu Low Season, tidak sampai separah awal tahun ini,” ujar Kepala Dispar NTB, Lalu Moh. Faozal, ketika ditemui pada Senin (11/02/2019).

Faozal juga menerangkan bahwa Festival Pesona Bau Nyale ini dimaksudkan sebagai even recovery setelah bencana gempa tersebut. Sebagai salah satu even dalam kalender Wonderful Indonesia milik Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Festival tersebut diharapkan mendatangkan banyak orang untuk mengunjungi NTB secara umum.

“Kita sudah melakukan berbagai upaya. Yang pertama kita sudah bersurat ke airlines, misalnya ke CityLink. Kita minta rute penerbangan Jakarta-Lombok tetap lima kali dalam seminggu. Garuda juga sudah konfirmasi, ada 20 kursi di satu penerbangan yang dijual dengan N-Class. N-Class ini sudah dijual paketnya untuk mendukung kita di festival ini,” ujar Faozal.

Selain itu, Garda juga memuka N-Class untuk penerbangan rute Denpasar, serta Jakarta-Lombok. Hal tersebut sebagai upaya untuk mengurangi harga tiket menjelang Festival Bau Nyale. Menurut Faozal, tiket paling murah yang akan ditawarkan Garuga berkisar antara Rp1,2 juta – Rp1,4 juta.

“Mudah-mudahan tiket ini tetap kita berusaha supaya bisa ada special rate menjelang Festival,” ujar Faozal.

Menanggapi hal tersebut, Ketua ASITA NTB, Dewantoro Umbu Djoka, menyatakan pihaknya siap membantu Dispar NTB untuk menyukseskan Festival Bau Nyale tahun ini. Menurutnya, memang tugas dari industri untuk menyakinkan wisatawan untuk datang memeriahkan salah satu event Wonderful Indonesia tersebut.

Sebagai bentuk partisipasinya, ASITA telah menyiapkan beberapa paket wisata. Diantaranya paket tur tiga hari empat malam dan tur dua hari tiga malam. Paket tersebut akan menjadi Ekonomi Venue dari festival tersebut.

Festival Pesona Bau Nyale tahun ini disusun dengan 14 rangkaian acara. Antara lain Mandalika Photo Contest, Surfing Contest, Peresean, Creative Dialog, Mandalika Berzikir, Mandalika Fashion Carnival, Pemilihan Puri Mandalika, Kampung Kuliner, serta Malam puncak Pesona Bau Nyale.