Lombok Barat Kebagian 4.080 Dosis Vaksin Sinovac

Penampakan kotak vaksin sinovac saat didroping di kantor Dinas Kesehatan Lombok Barat. Rabu (13/01/2021). (Inside Lombok/Yudina Nujumul Qur'ani).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Sebanyak 4.080 dosis atau dua koli vaksin sinovac sudah diterima oleh Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Barat dengan dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

“Itu untuk kebutuhan Nakes dan pencanangan dalam hal ini jajaran Forkopimda” kata Kabid PK3L Dikes Lobar, Dr. M. Taufik Fathoni, saat ditemui usai serah terima vaksin, Rabu (13/01/2021).

Di mana Nakes akan menerima dua kali vaksin dengan interval waktu 14 hari setelah menerima vaksin pertama. Terkait siapa yang akan divaksin pertama kali, ia menyebut saat ini pihaknya masih melakukan screening terhadap jajaran Forkopimda yang akan divaksin. Karena Dikes harus mengirim nama dan semua data tersebut ke kementerian kesehatan. Pihaknya saat ini masih menunggu sms konfirmasi.

“Tidak bisa mengikuti vaksin kalau belum masuk dalam aplikasi peduli covid yang khusus dari kominfo pusat itu” jelasnya.

Karena nama yang boleh melaksanakan vaksin itu, jelas dia, hanya berdasarkan nama yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan.

“Untuk kegiatan di Rumah Sakit dan Puskesmas masih menunggu petunjuk dari kementerian” imbuhnya.

Namun yang jelas, kata dia, vaksinasi tahap awal untuk Nakes di Lombok Barat ini ditargetkan tuntas akhir bulan Januari ini.

Vaksin itu saat ini telah disimpan di Cold Chain Dikes dengan kisaran suhu dari 2 °C dan maksimal 8 °C, yang tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih.

Terkait vaksinasi untuk jajaran Forkopimda rencananya akan dilaksanakan di kantor bupati pada Jum’at, 15 Januari mendatang.