31.5 C
Mataram
Jumat, 14 Juni 2024
BerandaLombok TengahKetersediaan Hewan Kurban di Loteng Dipastikan Cukup

Ketersediaan Hewan Kurban di Loteng Dipastikan Cukup

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menyatakan stok hewan kurban untuk musim haji tahun 2023 ini tercukupi. Kepala Distanak Loteng, M Kamrin mengatakan pihaknya memastikan ketersediaan hewan kurban siap potong mencapai ribuan ekor baik sapi maupun kambing.

“Untuk tahun ini sapi lokal tersedia sekitar tiga ribuan ekor khusus untuk sapi, sedangkan untuk kambing cukuplah,” ujar Kamrin saat dikonfirmasi belum lama ini.

Selain itu, pihaknya memastikan bahwa semua hewan kurban yang sudah tersedia dinyatakan sehat dan siap potong. “Artinya jika mau dipotong nanti itu sudah siap dari sisi kesehatan hewan, bebas PMK (penyakit mulut dan kuku) itu syarat wajib,” terangnya.

Dikatakan, hewan kurban yang dijual oleh masyarakat juga harus memenuhi standar layak potong dan harus diperiksa setelah dilakukan pemotongan. “Itu sudah ada mekanismenya. Setelah dipotong juga harus diperiksa itu nanti akan diambil sampel di hati (hewan) untuk melihat dan antisipasi kaitan dengan PMK. Itu sudah ada SOP-nya,” ujarnya.

- Advertisement -

Di sisi lain, dengan surplusnya ketersediaan hewan kurban tersebut, pihaknya sudah mengusulkan supaya bisa dibawa keluar daerah karena stok dalam daerah tercukupi. “Sudah kita kami usulkan juga kuota untuk dibawa keluar karena stok kita cukup ini juga untuk meningkatkan nilai harga jual,” imbuhnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer