31.5 C
Mataram
Jumat, 14 Juni 2024
BerandaLombok TengahPemberangkatan Haji Loteng Dapat Kuota 844 Jemaah, Lansia Jadi Prioritas

Pemberangkatan Haji Loteng Dapat Kuota 844 Jemaah, Lansia Jadi Prioritas

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Sebanyak 844 calon jemaah haji (CJH) di Lombok Tengah (Loteng) mendapat bimbingan manasik haji yang digelar di Masjid Agung, Praya. Bimbingan manasik ini diharapkan dapat diikuti oleh semua jemaah.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Loteng, Nasrullah mengatakan bimbingan manasik haji akan dilakukan selama dua hari di tingkat kabupaten, dan delapan kali di masing-masing kecamatan.

“Untuk musim haji tahun 2023 ini Loteng mendapat kuota 844 orang jemaah dan diprioritaskan untuk para lansia,” katanya, Senin (8/5/2023). Sementara itu, untuk pelunasan biaya haji saat ini sudah mencapai 95 persen dengan batas pembayaran hingga 12 Mei 2023.

Ditambahkan Kasi Haji Kemenangan Loteng, Samsul Hadi, dalam musim haji tahun ini jemaah lansia diprioritaskan untuk berangkat yaitu sebanyak 28 orang lansia. “Kalau yang paling tua umurnya sekitar 94 tahun, yang paling muda yang masuk kategori lansia umurnya 87 tahun dari yang 28 orang ini,” ujarnya.

- Advertisement -

Sementara itu, Bupati Loteng, Lalu Pathul Bahri meminta kepada para CJH agar benar-benar mengikuti dengan cermat bimbingan manasik haji yang dilakukan. “Bimbingan ini sangat penting. Terkait dengan kelancaran beribadah haji di tanah suci,” ujarnya.

Pathul juga meminta supaya para CJH menjaga kesehatannya hingga dari saat menjalani bimbingan manasik, saat berangkat dan kembali ke Loteng nantinya. “Saya meminta kepada para calon jemaah haji ini untuk menjaga kesehatan dari sekarang sampai kembali nanti,” tandasnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer