27.5 C
Mataram
Minggu, 26 Mei 2024
BerandaLombok TimurJelang Pilkada, Pemilih Pemula di Lotim Diupayakan Punya KTP

Jelang Pilkada, Pemilih Pemula di Lotim Diupayakan Punya KTP

Lombok Timur (Inside Lombok) – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan berlangsung beberapa bulan lagi. Keikutsertaan para pemilih pemula yang berusia 17 tahun tentunya menjadi perhatian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) agar bisa menyalurkan hak pilihnya.

Kepala Dinas Disdukcapil Lombok Timur (Lotim), Sateriadi mengatakan dalam menyasar para pemilih pemula berusia 17 tahun dan sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), pihaknya berkolaborasi dengan KPU, Dikbud Provinsi NTB, Kemenag, dan seluruh desa untuk difasilitasi perekaman e-KTP untuk menyalurkan hak suaranya.

“Kita berkolaborasi dengan KPI, Kemenag, dan Dikbud NTB untuk mengkoordinir sekolah-sekolah agar bisa difasilitasi perekamannya,” terangnya, Jumat (19/04/2024). Partisipasi para pemilih pemula pada pilkada serentak diperkirakan meningkat. Terlebih ada banyak penduduk yang memasuki usia 17 tahun di 2024 ini.

Di sisi lain, bertambahnya DPT bukan serta merta karena bertambahnya usia, melainkan juga adanya perpindahan penduduk yang masuk ke Lotim. “Kami belum bisa pastikan berapa peningkatan pemilih pemula karena harus melihat data dulu. Sebab tidak hanya mengenai pertambahan umur melainkan juga perpindahan penduduk,” ungkapnya.

- Advertisement -

Untuk itu, ia meminta kepada KPU Lotim ketika mendapatkan data DPT dari Disdukcapil Pusat terhadap pemilih pemula agar diingatkan untuk segera melakukan perekaman di UPT Disdukcapil sehingga nanti bisa menyakurkan hak pilihnya. “Ia kita harapkan KPU dapat mengimbau masyarakat untuk segera melakukan perekaman bagi yang belum perekaman,” pungkasnya. (dni)

- Advertisement -

Berita Populer